Pengembangan Film Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas X pada Kompetensi Memberikan Kritik terhadap Informasi dari Media Cetak dan atau Elektronik di SMA Negeri 1 Tejakula Tahun Ajaran 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v3i5.19802Abstract
Pengembangan Film Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas X pada Kompetensi Memberikan Kritik terhadap Informasi dari Media Cetak dan atau Elektronik di SMA Negeri 1 Tejakula Tahun Ajaran 2013/2014 merupakan sebuah film edukasi, dimana di dalamnya terkandung materi pembelajaran bahasa Indonesia yang bisa diambil oleh penonton khususnya siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengimplementasikan rancangan, serta mengetahui respon siswa terhadap Film Pembelajaran yang dikembangkan. Dalam pembuatan film pembelajaran ini, metode penelitian atau perancangan film pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE ini menjelaskan tentang tahap-tahapan pembuatan film pembelajaran dari awal sampai selesai. Model pengembangan ADDIE terbagi menjadi 5 (lima) tahapan utama yaitu 1) Analyze (kebutuhan fungsional dan non fungsional), 2) Design (ide cerita (penulisan naskah, casting, lokasi dan latar, jadwal pengerjaan, storyboard)), 3) Develovment (Produksi (shooting, musik/audio production), 4) Implementation, 5) Evaluation. Hasil akhir berupa film pembelajaran berformat DVD. Film ini diharapkan bisa memberikan tontonan yang menarik dan mendidik bagi penonton khususnya peserta didik kelas X.
Downloads
Published
Issue
Section
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.