Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kombinasi 2D dan 3D, Simulasi Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Kelas VIII Di SMP

Authors

  • Wayan Subagiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Partha Sindu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Gede Hendra Divayana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.36118

Abstract

Pembelajaran di SMP LAB UNDIKSHA siswa merasa kurang termotivari untuk mempelajari sistem peredaran darah karna kurangnya media pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran menarik, variatif, menyenangkan dan efektif, yang hanya mendengarkan ceramah dari guru. Oleh sebab itu peneliti merasa sangat perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran di dalam kelas khususnya mata pelajaran IPA untuk kelas VIII SMP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kombinasi 2D dan 3D, Simulasi Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Kelas VIII Di SMP, Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kombinasi 2D dan 3D  ini menggunakan model Four-D. Ada empat tahap dalam model Four-D yaitu Pendefinisian (Difene), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penyebaran (Disseminate).

Pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan Media Pembelajaran Video Animasi Kombinasi 2D dan 3D, Simulasi Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Kelas VIII Di SMP, diantaranya yaitu uji ahli isi dengan hasil 100% tergolong sangat tinggi, uji ahli media dengan representasi 80% tergolong tinggi, uji efektifitas dengan hasil 77% yang berarti media ini efektif, dan uji respon pengguna dengan hasil sebesar 94% yang menandakan media ini masuk kategori sangat positif

 

Kata-kata kunci : Media Pembelajaran, Video animasi 2D dan 3D, Sistem peredaran darah manusia.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles