Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kombinasi 2D dan 3D, Simulasi Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Kelas VIII Di SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.36118Abstract
Pembelajaran di SMP LAB UNDIKSHA siswa merasa kurang termotivari untuk mempelajari sistem peredaran darah karna kurangnya media pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran menarik, variatif, menyenangkan dan efektif, yang hanya mendengarkan ceramah dari guru. Oleh sebab itu peneliti merasa sangat perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran di dalam kelas khususnya mata pelajaran IPA untuk kelas VIII SMP
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kombinasi 2D dan 3D, Simulasi Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Kelas VIII Di SMP, Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kombinasi 2D dan 3D ini menggunakan model Four-D. Ada empat tahap dalam model Four-D yaitu Pendefinisian (Difene), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penyebaran (Disseminate).
Pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan Media Pembelajaran Video Animasi Kombinasi 2D dan 3D, Simulasi Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Kelas VIII Di SMP, diantaranya yaitu uji ahli isi dengan hasil 100% tergolong sangat tinggi, uji ahli media dengan representasi 80% tergolong tinggi, uji efektifitas dengan hasil 77% yang berarti media ini efektif, dan uji respon pengguna dengan hasil sebesar 94% yang menandakan media ini masuk kategori sangat positif
Kata-kata kunci : Media Pembelajaran, Video animasi 2D dan 3D, Sistem peredaran darah manusia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.