PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Rendita Septiadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Saindra Santyadiputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Agustini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.36502

Abstract

Kurang maksimalnya hasil belajar, sarana dan prasarana yang belum dimanfaatkan secara maksimal dan peserta didik kurang memahami materi pembelajaran yang bersifat abstrak menyebabkan guru kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini perlu adanya pengembangan multimedia interaktif khususnya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan rancangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan membantu proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Sawan. Perancangan media pembelajaran multimedia interaktif ini merupakan jeni penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu Concpet, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Berdasarkan hasil pengujian dari ahli isi materi memperoleh skor 1,00 (sangat tinggi) dan hasil pengujian dari ahli media memperoleh skor 1,00 (sangat tinggi). Sedangkan hasil perhitungan data penyebaran angket respon siswa didapatkan rata-rata 82% dan jika dikonversikan ke dalam tabel kriteria penggolongan respon maka hasilnya termasuk dalam kriteria baik. Kemudian hasil pengujian efektivitas memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,7636 yang termasuk kriteria tinggi.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles