Pengembangan Film Animasi 2 Dimensi Sejarah Perang Kerajaan Bangli, Taman bali dan Gianyar
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.37564Abstract
Pengembangan film animasi 2 Dimensi sejarah Perang Kerajaan Bangli, Tamanbali dan Gianyar menceritakan terjadinya Perang Kerajaan Bangli, Tamanbali dan Gianyar serta penyebab terjadinya peperangan tersebut. Kurangnya media informasi, dan kurangnya sumber buku mengenai Sejarah Perang Kerajaan Bangli, Tamanbali dan Gianyar mejadi alasan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai Sejarah Perang Kerajaan Bangli, Tamanbali dan Gianyar. Cerita sejarah ini penting untuk dilestarikan agar generasi muda dapat memahami dan menghargai perjuangan tokoh - tokoh sejarah. Maka dari itu peneliti mencoba membuatkan sebuah film 2 Dimensi mengenai cerita Sejarah Perang Kerajaan Bangli, Tamanbali dan Gianyar. Di dalam pengerjaan film ini peneliti menggunakan metode research and development (R&D) dengan mengadaptasi model penelitian Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu tahap konsep (Concept), Perancangan (Desain), Pengumpulan bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing), dan tahap Distribusi (Distribution).
Kata kunci : Cerita sejarah, Perang, Kerajaan Bangli, Kerajaaan Tamanbali dan Kerajaan Gianyar
Downloads
Published
Issue
Section
License
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.