Pengembangan Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)”

Authors

  • Nyoman Juli Budiartawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Mahendra Darmawiguna Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.39196

Abstract

Game Cerita Rakyat Bali berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)” adalah sebuah game yang terinspirasi dari cerita rakyat bali yang berjudul Calon Arang. Dimana kisah ini menitik beratkan ke kisah perjuangan Mpu Baradah menyelamatkan negeri Daha dari teluh kejam Calon Arang. Pengembangan Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)” bertujuan melestarikan cerita rakyat bali dengan perantara game 3D, meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap cerita rakyat dan mengenali respon masyarakat terhadap hasil akhir dari Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)”. Pengembangan Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)” menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle), yang memiliki 6 langkah, antara lain ialah Initiation, Pre-Production, Productions, Alpa, Beta dan Realease. Dengan adanya Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)”, diharapkan mampu membangkitkan rasa cinta masyarakat terhadap cerita rakyat bali yang mulai pudar oleh masuknya budaya luar. Beberapa Pengujian yang dilakukan dalam Pengembangan Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)” yaitu, Pengujian Black Box dengan hasil 100%, pengujian Ahli isi dengan hasil 100%, pengujian ahli media mendapatkan hasil 100% dan pengujian respon pengguna mendapatkan hasil 90% sangat positif dan 10% positif. Dari hasil tersebut Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)” dapat dinyatakan dalam kategori sangat baik.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles