PENGEMBANGAN APLIKASI BUKU MENU RUMAH MAKAN BEBEK TEPI SAWAH BERBASIS AUGMENTED REALITY

Ni Putu Yunita Susandi Putri, I Gede Mahendra Darmawiguna, Gede Saindra Santyadiputra

Abstract


Abstrak— Rumah Makan Bebek Tepi Sawah merupakan salah satu wisata kuliner yang menyuguhkan masakan khas Bali. Seluruh menu yang disediakan di Rumah Makan Bebek Tepi Sawah hanya bisa dilihat dari sebuah buku menu yang diperlihatkan oleh pelayan yang memperlihatkan nama-nama menu Rumah Makan Bebek Tepi Sawah yang berupa teks beserta harganya. Model buku menu seperti ini dirasa kurang efektif dan kurang menarik, karena dengan tidak adanya deskripsi atau informasi yang lengkap mengenai detail dari masing-masing menu yang disediakan di Rumah Makan Bebek Tepi Sawah, sehingga konsumen bisa keliru dalam memilih menu yang mereka inginkan. Dengan dikembangkannya aplikasi buku menu dengan teknologi Augmented Reality, pengunjung akan mengetahui informasi yang detail mengenai masing-masing menu di Rumah Makan Bebek Tepi Sawah yang diperlihatkan melalui video yang akan terlihat lebih menarik.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Aplikasi Buku Menu Rumah Makan Bebek Tepi Sawah Berbasis Augmented Reality ini dikembangkan dengan model waterfall. Aplikasi ini diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java dengan menggunakan editor Eclipse dan plug-ins ADT (Android Development Tools) serta menggunakan Metaio sebagai library untuk mendeteksi objek menggunakan Object Tracking. Aplikasi ini juga menggunakan AndEngine sebagai library untuk desain.
Aplikasi Buku Menu Rumah Makan Bebek Tepi Sawah Berbasis Augmented Reality telah berhasil diimplementasikan dengan baik dengan spesifikasi perangkat minimal yaitu Processor ARM-v7a, GPU kelas mid-end, RAM 512 MB, OS Android versi 2.3 (Gingerbread), dan Resolusi layar 320 x 480. Berdasarkan hasil analisa rata-rata Interpretasi Skor Perhitungan (ISP) hasil respon pengunjung secara umum, dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Buku Menu Rumah Makan Bebek Tepi Sawah Berbasis Augmented Reality sangat sesuai untuk digunakan di Rumah Makan Bebek Tepi Sawah untuk mempromosikan menu-menu yang disediakan di Rumah Makan Bebek Tepi Sawah dengan jumlah Interpretasi Skor Perhitungan (ISP) sebesar 93,3%.

Kata kunci : Bebek Tepi Sawah, Buku Menu, Augmented Reality Book

Abstract — Bebek Tepi Sawah Restaurant is one of culinary destinations which served Balinese foods. All of menu which are there in Bebek Tepi Sawah Restaurant, customers only can see from a menu book that is showing by waiter or waitress which is including the pictures and prices. The model of menu book is not effective and interesting, because there are no complete descriptions or informations in every menu that serving in this restaurant. So, the customers will make a mistakes when they are choosing a menu. With the development of technology applications menu guide with Augmented Reality, customers will find out the detail information about each menu in Bebek Tepi Sawah Restaurant that is showing in a video and it will look more interesting.
The method of this study is used research and development. Application of menu book of Bebek Tepi Sawah Restaurant based on Augmented Reality is developed with waterfall model. This application s implemented in Java Programming Language which is using Eclipe editor and plug-ins ADT also Metaio as Library for detecting object by using Object Tracking. This application is completing with AndEngine as library for designing.
The application of menu book of Bebek Tepi Sawah Restaurant based on Augmneted Reality had been successful implemented with minimum specification of equipment, ARM-v7a processor, GPU mid-end class, RAM 512 MB, OS Android 2.3 (GingerBread) version, and screen resolution 320x480. Based on the result of analysis average ISP, general respons of customers can be concluded that the application of menu book of Bebek Tepi Sawah Restaurant based on Augmented Reality was appropriate used in Bebek Tepi Sawah Restaurant to promotion of the menu which there in Bebek Tepi Sawah Restaurant with the total of Score Calculation Interpretation (ISP) 93,3%.

Keywords: Bebek Tepi Sawah, Book Menu, Augmented Reality Book

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v4i4.6527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



KARMAPATI is published by:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


Indexed by:

 

Creative Commons License

KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.