PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3 DIMENSI PENGENALAN TRADISI MENGARAK SOKOK DI DESA PEGAYAMAN

Authors

  • Putri Eodytha Aisya Purnomo student
  • I Gede Partha Sindu
  • P Wayan Arta Suyasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i1.71144

Keywords:

Film, Animasi 3 Dimensi, Tradisi Mengarak Sokok

Abstract

Film Animasi 3 Dimensi Pengenalan Tradisi Mengarak Sokok di Desa Pegayaman merupakan tradisi turun menurun yang dilakukan pada salah satu hari raya suci tepatnya bulan Rabiul Awal yaitu bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW yang dikenal dengan nama Maulid/Maulud yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengembangkan film animasi 3 dimensi Pengenalan Tradisi Mengarak Sokok di Desa Pegayaman, (2) Untuk mengetahui respon penonton terhadap film animasi 3 dimensi Pengenalan Tradisi Mengarak Sokok di Desa Pegayaman. Film Animasi Pengenalan Tradisi Mengarak Sokok di Desa Pegayaman dikembangkan menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Tahapan terdiri dari concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Dengan dibuatnya Film Animasi 3 Dimensi Pengenalan Tradisi Mengarak Sokok di Desa Pegayaman, masyarakat diharapkan dapat mengetahui makna Tradisi Mengarak Sokok. Pengujian telah dilakukan oleh pengujian uji ahli isi yang mendapat hasil persentase 100%, pengujian uji ahli media mendapatkan hasil persentase 100%, dan pengujian respon pengguna yang dilakukan kepada 100 responden masyarakat Desa Pegayaman persentase sebesar 80% dengan kualifikasi sangat positif yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hal tersebut pengembangan film animasi ini diterima sangat baik oleh responden.

References

S. Gazalba, MASYARAKAT ISLAM Pengantar Sosiologi dan Sosiografi. 1989.

Ardhana, I Ketut, Masyarakat Multikultural Bali: Tinjauan Sejarah, Migrasi dan Integrasi. Denpasar: Denpasar: Pustaka Larasan, 2011.

G. Budarsa, “Karakteristik Budaya Komunitas Islam Pegayaman- Buleleng, Bali,” Humanis, vol. 1, pp. 1–8, 2018, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/12389

I. P. Suarnaya, “MODEL MODERASI BERAGAMA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DESA PEGAYAMAN KABUPATEN BULELENG,” vol. 4, no. February, p. 6, 2021.

M. Shofa, “AKULTURASI BUDAYA HINDU ISLAM (Membedah Makna Tradisi Sokok Taluh Masyarakat Muslim Desa Pegayaman Kecamatan Sukasada Buleleng Bali).”

R. N. Eli and S. Sari, “Pembelajaran Sistem Koloid Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa,” JTK (Jurnal Tadris Kim., vol. 3, no. 2, pp. 135–144, 2018, doi: 10.15575/jtk.v3i2.3713.

I. M. Yoga Antara, P. N. Crisnapati, I. M. Agus Wirawan, and I. M. Gede Sunarya, “Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi ‘Tude the Movie – Petualangan Si Rina (Tertangkapnya Burung Jalak Bali),’” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, p. 214, 2019, doi: 10.23887/karmapati.v7i3.19788.

I. G. A. M. Pradita, “Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Tude The Movie-Sejarah Lagu Merah Putih,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 10, no. 3, p. 329, 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i3.36539.

N. P. B. Pratiwi, “PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3 DIMENSI SEJARAH PEMBANGUNAN PELABUHAN BULELENG,” vol. 9, pp. 193–203, 2020.

I. Bagus and P. Surya, “Film Animasi 3D Sejarah Tradisi Mepasah di Desa Trunyan Bangli,” vol. 3, pp. 467–480, 2023.

K. Ainiyah, N. Hidayah, F. P. Damayanti, I. N. Hidayah, J. N. Fadila, and F. Nugroho, “Rancang Bangun Film Animasi 3D Sejarah Terbentuknya Kerajaan Samudra Pasai Menggunakan Software Blender,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 5, no. 3, pp. 164–176, 2020, doi: 10.14421/jiska.2020.53-04.

M. Sariman, N. B. Atmadja, "Mengarak Sokok Di Desa Pegayaman, Sukasada, Buleleng, Bali (Potensinya Sebagai Media Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah” … Pendidik. Sej., 2015, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPS/article/view/5380

M. Titib, Teologi dan Simbol-simbol dalam Agama Hindu. Surabaya Paramita, 2003.

Effendy, “Teori Film,” Pengertian Komun. Massa, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 1986.

A. Miftania, “Pembuatan Film Animasi 2D Berbasis 3D Menggunakan Teknik Cell Shading Berjudul ”the Postman Story”,” Stikom Surabaya, p. 6, 2015.

T. Zebua, B. Nadeak, and S. B. Sinaga, “Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D,” J. ABDIMAS Budi Darma, vol. 1, no. 1, pp. 18–21, 2020.

M. E.Awulle, S. R.Sentinuwo, and A. S.M.Lumenta, “Pembuatan Film Animasi 3D Menggunakan Metode Dynamic Simulation,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 5, no. 4, pp. 70–79, 2016.

Downloads

Published

2024-02-16

Issue

Section

Articles