PERANCANGAN APLIKASI BELANJA ONLINE TRICKY MENGGUNAKAN METODE AGILE BERBASIS MOBILE

Authors

  • vincent Universitas Dian Nusantara
  • Bias Yulisa Geni Universitas Dian Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i1.73128

Abstract

Belanja online merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan oleh pihak penjual dan pembeli secara online. Kegiatan belanja online sangat populer seiring dengan perkembangan teknologi, belanja online terkenal dikarenakan kemudahan pelaksanaannya dan kepopulerannya seiring dengan sosial media yang berkembang, sehingga belanja online menjadi salah satu model bisnis yang paling disarankan. Saat ini toko Fashion Lala yang kegiatan bisnis utamanya dilakukan di platform Shopee akan melakukan peluncuran brand baru yang bernama TRICKY. Brand TRICKY ini diluncurkan dengan harapan menjadi brand ternama seperti Erigo, Uniqlo, dan H&M, oleh karena itu aspek branding sangat diperhatikan sehingga diperlukan aplikasi belanja online guna meningkatkan brand awareness dan menjadi fondasi dari brand TRICKY. Perancangan aplikasi belanja online ini menggunakan metode pengembangan Agile Development karena waktu pengembangan yang lebih efisien dan juga fleksibel di setiap tahapnya. Pengembangan menggunakan framework React Native sehingga bahasa pemrograman yang digunakan adalah Javascript karena React Native merupakan framework Javascript. Penggambaran model sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML). Data yang digunakan berasal dari web TRICKY sendiri yang interaksinya menggunakan REST API untuk kegiatan create, read, update dan delete. Dengan perancangan aplikasi ini, brand TRICKY dapat menggunakan aplikasi hasil pengembangan untuk kepentingan penjualan dan branding-nya.

References

M. Iqbal Maliki, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Grosir Sembako Pada Toko LA-RIS,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 2, no. 3, pp. 304–311, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Y. Mulyani Azis, M. Mustika Destiani, M. Sarosa, and S. Tinggi Ilmu Ekonomi, “Analisis Uji Beda Digital Marketing, Brand Awarness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Dalam Negeri vs Luar Negeri) di Masa Pandemi,” 2022. [Online]. Available: http://jurnal.ustjogja.ac.id

A. Nurkholis, “Aplikasi Mobile Transaksi Jasa Penyebrangan Berbasis Framework React Native,” 2023. [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index

Hasanuddin, Hari Asgar, and Budi Hartono, “Rancang Bangun Rest API Aplikasi Weshare Sebagai Upaya Mempermudah Pelayanan Donasi Kemanusiaan,” 2022.

G. Widiyanto and H. Septanto, “Perancangan Aplikasi Informasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Android,” 2022.

R. Darmawan and Y. Geni, “Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Sewa ATM Berbasis Web Menggunakan Metode SDLC,” Journal of Information System Research, vol. 4, no. 4, pp. 1109–1117, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3808.

N. Lutfiani, P. Harahap, Q. Aini, A. Dimas, A. R. Ahmad, and U. Rahardja, “Inovasi Manajemen Proyek I-Learning Menggunakan Metode Agile Scrumban,” vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.30743/infotekjar.v5i1.2848.

F. F. Nursaid, A. Hendra Brata, and A. P. Kharisma, “Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Barang Dengan ReactJS Dan React Native Menggunakan Prototype (Studi Kasus : Toko Uda Fajri),” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

R. Choirudin and A. Adil, “Implementasi Rest Api Web Service dalam Membangun Aplikasi Multiplatform untuk Usaha Jasa,” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 18, no. 2, pp. 284–293, May 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.407.

Y. Dwi Wijaya and M. Wardah Astuti, “Pengujian BLACKBOX Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT INKA (PERSERO) Berbasis Equivalence Partitions,” Jurnal Digital Teknologi Informasi, vol. 4, p. 2021, 2021.

Downloads

Published

2024-03-26

Issue

Section

Articles