PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SIMULASI 3D TATA SURYA UNTUK ANAK – ANAK SEKOLAH DASAR LAB UNDIKSHA KELAS VI

Authors

  • Made Dwi Sukarasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Nyoman Pascima Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Bendesa Subawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i1.74912

Keywords:

tata suraya, Buku, MDLC

Abstract

Media Pembelajaran Interaktif Simulasi 3D Tata Surya Untuk Anak – anak Sekolah Dasar Lab Undikshha Kelas VI dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran astronomi dasar khususnya pada materi tata surya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurangan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak-anak terhadap materi yang terdapat dalam buku pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menerapkan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle yang melibatkan tahapan Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Berdasarkan hasil dari data pengujian pada uji ahli isi, uji ahli media dan uji efektifitas mendapatkan tingkat validitas “Sangat Tinggi”, hasil perhitungan uji respon peserta didik mendapatkan skor  dengan kriteria sangat praktis sedangkan untuk uji respon pendidik mendapatkan skor 55 dengan kriteria sangat praktis

Kata kunci: Tata surya, Buku, MDLC

References

REFERENSI

Suminto, S. (2020, Maret 17). Kelebihan dan Kekurangan Buku Sebagai Media Pembelajaran yang Perlu diketahui. Retrieved from haloedukasi.com: https://haloedukasi.com/kelebihan-dan-kekurangan-buku-sebagai-media-pembelajaran

Meli, K., Wahyuni, T., Sugihartini, N., Gede, I., & Subawa, B. (2021). Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Materi Metode Proses Kreatif Berstrategi Blended Learning Di Jurusan Desain Komunikasi Visual Di Kelas X Di SMK Negeri 1 Sukasada. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(2). https://smkn1sksd.melajah.id

Putriani, J. D. (n.d.). PENERAPAN PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4. 0 https://www.researchgate.net/publication/355593712_Penerapan_Pendidikan_Indonesia_Di_Era_Revolusi_Industri_40

Musthofa, R. (2023, Janury 17). Rangkuman Materi IPA Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Bab 10 Sistem Tata Surya. Retrieved from https://www.medianekita.com/edukasi/pr-2246653491/rangkuman-materi-ipa-kelas-6-sdmi-kurikulum-2013-bab-10-sistem-tata-surya?page=2

Sujana, N., & Supeno, H. (2020). Desain Prototipe Media Pembelajaran Simulasi Tata Surya pada Pelajaran Astronomi. TEMATIK, 7(1). https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.370

Roi Purba, S. (2020, janauri 12). Tingkatkan Pemahaman Belajar Siswa Melalui Media Simulator “Phet Colorado”. Retrieved from bpmpprovsumut.kemdikbud.go.id:https://bpmpprovsumut.kemdikbud.go.id/tingkatkan-pemahaman-belajar-siswa-melalui-media-simulator-phet-colorado/

Hoseini, F. S., Khodadadi, M., & Khorambakht, A. (2022). The Effect of 2D and 3D Action Video Game Interventions on Executive Functions in Male Students. Simulation and Gaming, 53(5). https://doi.org/10.1177/10468781221110577

Downloads

Published

2024-02-16

Issue

Section

Articles