GROUP DECISION SUPPORT SYSTEM (GDSS) PENENTUAN KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i1.81154Keywords:
AHP, Topsis, GDSS, Evaluasi Media PembelajaranAbstract
Dunia pendidikan telah melakukan segenap inovasi untuk mendukung tuntutan zaman yang kian berkembang. Namun masih banyak ditemukan praktek pendidikan yang monoton, kurang adaptif dan tidak sesuai dengan karakter peserta didik sehingga mengakibatkan peserta didik kurang menikmati proses belajarnya dan motivasi belajarnya. Banyak tenaga pendidik menitik beratkan pendidikan pada pengetahuan yang dimiliki peserta didik namun mengesampingkan faktor lain seperti mentalitas, kemampuan berpikir, soft skills, kreativitas dll.
Perkembangan teknologi yang massif memberikan dukungan terhadap perkembangan pendidikan. Saat ini ilmu pengetahuan tidak didapat hanya dari pendidik dan buku ajar tetapi juga dapat diperoleh dibanyak media lain seperti internet dengan berbagai platform hingga media pembelajaran inovatif. Dengan adanya berbagai media untuk belajar maka diharapkan pengajar mampu berfokus pada pembentukan karakter peserta didik dan tidak terlalu berfokus pada keilmuan yang telah dibantu media.
Penelitian ini berusaha untuk membantu penelitipengembang media/konten pembelajaran untuk melakukan validasi terhadap media/konten yang dikembangkan. Tujuan pemodelan ini adalah untuk mengevaluasi media secara baik sehingga tercipta media yang benar-benar dapat membantu pembelajaran peserta didik. Penelitian ini menggunakan Group Decision Support System (GDSS) dengan metode AHP dan Topsis
References
Ramayulis, Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2002.
I. G. W. Adi Braneva, P. W. Arta Suyasa, and I. N. Eka Mertayasa, “Pengembangan Konten Interaktif Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Berstrategi Blended Learning Di Kelas X Smk Negeri 3 Singaraja,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 2, p. 215, 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i2.36486.
N. L. D. A. Wahyuni, N. Sugihartini, and I. G. P. Sindu, “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 2D Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Di Sma Negeri 1 Sawan,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 2, p. 111, 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i2.31391.
I. P. N. Febrianto, D. S. Wahyuni, and N. Sugihartini, “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Kelas Xi Mata Pelajaran Biologi Dengan Materi ‘Sistem Sirkulasi Pada Manusia Dan Sistem Pencernaan Makanan’ Di Sma Negeri 2 Singaraja,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 3, p. 282, 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i3.36888.
K. Putranadi, D. S. Wahyuni, and K. Agustini, “Pengembangan Media Pembelajaran Struktur Pernapasan Dan Ekskresi Manusia Untuk Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 2 Singaraja,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 3, p. 300, 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i3.36773.
H. C. Perwira, R.I., Sofyan, H., Rustamaji, “Aplikasi Pemilihan Operator Sumur Produksi Menggunakan Fuzzy AHP dan Fuzzy TOPSIS di PT. GEOTAMA ENERGI,” TELEMATIKA, vol. 12, no. 1, pp. 1–10, 2015.
P. Sarathi Ghose, “Selection of Plant Location for a Steel Project by TOPSIS’, World Journal of Applied Chemistry,” 2021.
M. Ellen, C. Camarillo, A. Eve, D. Piña, S. B. Ocaña, and V. F. Anam, “Analytic Hierarchy Process ( AHP ) Analysis on Customer Satisfaction of the Bakeshops : A Case of First Class Municipalities in Cebu Philippines,” vol. 4531, pp. 1–13.
J. C. Sasi, A. K. Digalwar, and I. College, “Application of AHP and TOPSIS Method for Supplier Selection Between India & China in Textile Industry Jayaram,” pp. 1730–1738, 2015.
M. Ihsan, R. Pulungan, and A. Afiahayati, “Evaluating Library Services Quality Using GDSS-AHP, LibQual and IPA,” IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), vol. 12, no. 1, p. 95, 2018, doi: 10.22146/ijccs.32142.
Dodi Guswandi, Musli Yanto, M. Hafizh, and Liga Mayola, “Analisis Hybrid Decision Support System dalam Penentuan Status Kelulusan Mahasiswa,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 5, no. 6, pp. 1127–1136, Dec. 2021, doi: 10.29207/resti.v5i6.3587.
J. Vongvichien, “The Development of GDSS to Support Group Decision Making through the Improvement of the Participation of Thai Graduate Students,” IEEE, 2010.
S. Asghar, S. Fong, and Rukhsana, “A contemplation of group decision support systems,” ICCIT 2009 - 4th International Conference on Computer Sciences and Convergence Information Technology, no. May 2014, pp. 647–652, 2009, doi: 10.1109/ICCIT.2009.316.
W. Chunyi and W. Hongtao, “A Group Multi Criteria Decision Making Method for Power System Skeleton Restoration,” IEEE, 2011.
K. Yoon, “Systems Selection By Multiple Attribute Decision Making,” Kansas State University Manhattan, 1980.
C. L. Hwang and K. Yoon, Multiple attribute decision making methods and applications: a state-of-the-art survey. New York: Springer-Verlag, 1981.
A. D. Hall, Metasystems methodology: A new synthesis and unification. Pergamon Press, 1989.
S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and R. Wardoyo, Fuzzy Multi-Attribute Desicion Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
N. K. Nopiani, N. Sugihartini, and I. B. N. Pascima, “Pengembangan Konten Interaktif Berbasis Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik Kelas XI di SMK Negeri 4 Negara,” Karmapati, vol. 11, 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.