PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3 DIMENSI SEJARAH BARONG BRUTUK DI DESA TRUNYAN

Authors

  • Gede Doa Restuadi Darma Darma Mahasiswa
  • I Gede Partha Sindu
  • P Wayan Arta Suyasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i3.84833

Keywords:

film, animasi 3 dimensi, sejarah barong brutuk

Abstract

Budaya memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk identitas masyarakat dan menghubungkannya dengan warisan leluhur. Setiap wilayah di Indonesia memiliki budaya sebagai ciri khasnya, termasuk Bali. Kebudayaan Bali menjadi incaran dalam industri pariwisata. Namun sayangnya, perkembangan teknologi belum mampu diimbangi dengan pelestarian budaya. Hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya pengetahuan generasi muda mengenai tradisi Barong Brutuk yang berasal dari Desa Trunyan, Kabpaten Bali. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan film animasi 3 dimensi Sejarah Barong Brutuk di Desa Trunyan, (2) mengetahui pemahaman terhadap generasi muda dan sebagai penerus yang ada di kecamatan Kintamani terhadap film animasi 3 dimensi Sejarah Barong Brutuk di desa Trunyan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian research and development (R&D) dengan metode MDLC. Tahapan terdiri dari concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Pengujian film animasi ini dilakukan oleh uji ahli isi yang mendapatkan persentase 100%, pengujian ahli media mendapatkan hasil persentasi 100%, dan pengujian respon pengguna yang di lakukan oleh 104 responden Masyarakat Desa Songan dan Trunyan persentase sebesar 84% dengan kualifikasi sangat positif yang dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman generasi muda mengenai sejarah Barong Brutuk.

References

N. K. P. Kusuma and K. L. Nurhayati, “Analisis Semiotika Roland Barthes pada Ritual Otonan di Bali,” J. Manaj. Komun., vol. 1, no. 2, pp. 195–217, 2017, Accessed: Nov. 06, 2023. [Online]. Available: https://web.archive.org/web/20200210042215id_/http:

//jurnal.unpad.ac.id/manajemen- komunikasi/article/download/10519/pdf

M. Saleh, “Prosiding Seminar Nasional Hardiknas,” vol. 1, 2020, [Online]. Available: http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/har diknas/article/download/8/8/

G. Agung, M. Pradita, I. Made, G. Sunarya, I. Gede, and P. Sindu, “Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Tude The Movie-Sejarah Lagu Merah Putih,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 10, no. 3, 2021, [Online]. Available: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7910

Putu, S. Jayendra, S. Tinggi, P. Bali, I. ( Stpbi, and ) Denpasar, “Praktik Raja Yoga Dalam Rangkaian Pementasan Barong Brutuk di Desa Terunyan, Kintamani, Bangli: Studi Teologi Hindu Dalam Terminologi Kearifan Lokal,” 2018. doi: https://doi.org/10.25078/jyk.v1i2.1576.

K. P. I. Sanjaya, K. Dwikayana, and C. D. Ekasmara, “Iventarisasi Karya Budaya Barong Brutuk di Desa Trunyan Kabupaten Bangli,” 2022.

W. Widiyatmaka, E. T. Sulistyo, and S. Nugroho,

“Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Sang Kiai,”

Seni Budaya, vol. 34, no. 1, pp. 73–79, 2019, [Online]. Available: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/79047/

D. Utami, “Efektifitas Animasi Dalam Pembelajaran,” Maj. Ilm. Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 44–52, 2011, Accessed: Nov. 06, 2023. [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/downlo ad/3212/2692

N. Wayan and E. P. Suantari, DUNIA ANIMASI. 2016. [Online]. Available: www.putrimiia.wordpress.com

E. Limbong, V. Tulenan, and Y. D. Y. Rindengan, “Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Budaya Passiliran,” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, 2017, doi: https://doi.org/10.35793/jti.10.1.2017.15803.

M. S. Zaini and J. Nugraha, “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 9, no. 2, pp. 349–361, 2021, doi: https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p349-361.

Permata Septi Anis, “Membuat Film Animasi Edukasi "Menjaga Lingkungan Sekolah Di SD Negeri 04 Oku MenggunakanAdobe Flash cs 6,” J. Tek. Inform.

Mahakarya, vol. 5, no. 1, pp. 70–78, 2022, [Online]. Available: https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/vie w/125

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 2015.

Sugiyono, Perhitungan untuk Responden Film. 2008.

N. Kadek Dwi Trisna Rahayu, I. Made Gede Sunarya,

I. Gede Bendesa Subawa, and F. Teknik dan Kejuruan, “Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Tude The Movie-Pentingnya Mencuci Tangan Yang Benar,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, pp. 173–181, 2021, [Online]. Available: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7831

C. Rakyat et al., “Implementasi Teknik Sinematografi dalam Pembuatan Film Animasi 3D,” Rekayasa Sist. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 578–583, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.iaii.or.id

A. S. P. Bagus, D. M. Gede, and S. B. Gede, “Film Animasi 3D Sejarah Tradisi Mepasah di Desa Trunyan Bangli,” Penelit. Mhs. Indones., vol. 3, no. 2, 2023, doi: https://doi.org/10.36663/jpmi.v3i2.558.

Downloads

Published

2025-01-17

Issue

Section

Articles