PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI PENGURUSAN JENAZAH DI MTST MARDLATILLAH

Authors

  • Fatahillah Fatahillah Universitas pendidikan ganesha
  • Made Susi Lissia Andayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Eka Mertayasa Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Media pembelajaran interaktif, Contextual teaching and learning, Pengurusan jenazah

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran interaktif berbasis Contextual Teaching And Earning serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif khususnya pada mata pelajaran Fiqih materi pengurusan jenazah di MTSt Mardlatillah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IX MTSt Mardlatillah dan juga guru pengampu mata pelajaran Fiqih. Hasil dari perhitungan media pembelajaran interaktif melalui uji ahli isi serta ahli desain dan media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 1,00 yang masuk pada kategori sangat valid. Hasil untuk uji efektivitas dengan menggunakan perhitungan N-Gain memperoleh nilai sebesar 1,00 yang masuk dalam kategori interprestasi sangat efektif. Hasil untuk uji kriteria keberhasilan mendapatkan nilai sebesar 100% yang masuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil uji respon siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 65,6 yang masuk pada kategori praktis dan hasil uji respon guru mendapatkan nilai rata-rata sebesar 45 yang masuk pada kategori sangat praktis

References

Ahmad Saebani.2009. Fiqh Ushul Fiqh Bandung, 2009

Ahmad, Rofi’i, Pembelajaran Fiqih, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

BPS. 2015. Jumlah penduduk Di Indonesia. http://www.bps.go.id/. diakses pada tanggal 18-11-2016

Hamalik, Oemar.2015. Kurikulum dan Pembelajaran / Oemar Hamalik Jakarta : Bumi Aksara, 2015

Herman Dwi Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.

Leksono, A. B. (2010). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X. Pendidikan Matematika, 1–110. https://fdokumen.com

M. Ali, M. (2016). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 190. https://doi.org/10.22373/je.v1i2.605

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Putra, Erik Purnama. “Presentase Umat Islam Di Indonesia”. Http:/m.republika.co.id/ berita/ nasional/ umum/ 16/ 01/ 09/ o0ow4v334- presentase-umat-islam-di-indonesia- jadi-85-persen. diakses pada tanggal 12-02-2017 pukul 13.00

Putra, Erik Purnama. “Presentase Umat Islam Di Indonesia”. Http:/m.republika.co.id/ berita/ nasional/ umum/ 16/ 01/ 09/ o0ow4v334- presentase-umat-islam-di-indonesia- jadi-85-persen. diakses pada tanggal 12-02-2017 pukul 13.00

Putranadi, K., Wahyuni, D. S., & Agustini, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Struktur Pernapasan Dan Ekskresi Manusia Untuk Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 2 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(3), 300. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.36773

Putranadi, K., Wahyuni, D. S., & Agustini, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Struktur Pernapasan Dan Ekskresi Manusia Untuk Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 2 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(3), 300. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.36773

Rohidin. Buku-Pendidikan-Agama-Islam-Sebuah-Pengantar. (n.d.) jogjakarta 2020

Rosmita. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.

Rudi Susilana.Cepi Riyana.2008.Media Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima

Sada, H. J. (2016). Manusia Dalam Perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7, 131–133

Sada, H. J. (2016). Manusia Dalam Perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7, 131–133

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyanto.2008.Model-Model Pembelajaran Inovatif.Surakarta : UNS Press

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.2015. Kurikulum & pembelajaran / Oleh Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2015

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Berserta Penjelasannya, hal. 2.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Ara Di Madrasah, hal 51.

Downloads

Published

2025-01-17

Issue

Section

Articles