PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI PENGURUSAN JENAZAH DI MTST MARDLATILLAH
Keywords:
Media pembelajaran interaktif, Contextual teaching and learning, Pengurusan jenazahAbstract
Penelitian ini bertjuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran interaktif berbasis Contextual Teaching And Earning serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif khususnya pada mata pelajaran Fiqih materi pengurusan jenazah di MTSt Mardlatillah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IX MTSt Mardlatillah dan juga guru pengampu mata pelajaran Fiqih. Hasil dari perhitungan media pembelajaran interaktif melalui uji ahli isi serta ahli desain dan media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 1,00 yang masuk pada kategori sangat valid. Hasil untuk uji efektivitas dengan menggunakan perhitungan N-Gain memperoleh nilai sebesar 1,00 yang masuk dalam kategori interprestasi sangat efektif. Hasil untuk uji kriteria keberhasilan mendapatkan nilai sebesar 100% yang masuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil uji respon siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 65,6 yang masuk pada kategori praktis dan hasil uji respon guru mendapatkan nilai rata-rata sebesar 45 yang masuk pada kategori sangat praktis
References
Ahmad Saebani.2009. Fiqh Ushul Fiqh Bandung, 2009
Ahmad, Rofi’i, Pembelajaran Fiqih, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
BPS. 2015. Jumlah penduduk Di Indonesia. http://www.bps.go.id/. diakses pada tanggal 18-11-2016
Hamalik, Oemar.2015. Kurikulum dan Pembelajaran / Oemar Hamalik Jakarta : Bumi Aksara, 2015
Herman Dwi Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.
Leksono, A. B. (2010). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X. Pendidikan Matematika, 1–110. https://fdokumen.com
M. Ali, M. (2016). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 190. https://doi.org/10.22373/je.v1i2.605
Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Putra, Erik Purnama. “Presentase Umat Islam Di Indonesia”. Http:/m.republika.co.id/ berita/ nasional/ umum/ 16/ 01/ 09/ o0ow4v334- presentase-umat-islam-di-indonesia- jadi-85-persen. diakses pada tanggal 12-02-2017 pukul 13.00
Putra, Erik Purnama. “Presentase Umat Islam Di Indonesia”. Http:/m.republika.co.id/ berita/ nasional/ umum/ 16/ 01/ 09/ o0ow4v334- presentase-umat-islam-di-indonesia- jadi-85-persen. diakses pada tanggal 12-02-2017 pukul 13.00
Putranadi, K., Wahyuni, D. S., & Agustini, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Struktur Pernapasan Dan Ekskresi Manusia Untuk Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 2 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(3), 300. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.36773
Putranadi, K., Wahyuni, D. S., & Agustini, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Struktur Pernapasan Dan Ekskresi Manusia Untuk Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 2 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(3), 300. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.36773
Rohidin. Buku-Pendidikan-Agama-Islam-Sebuah-Pengantar. (n.d.) jogjakarta 2020
Rosmita. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.
Rudi Susilana.Cepi Riyana.2008.Media Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima
Sada, H. J. (2016). Manusia Dalam Perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7, 131–133
Sada, H. J. (2016). Manusia Dalam Perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7, 131–133
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugiyanto.2008.Model-Model Pembelajaran Inovatif.Surakarta : UNS Press
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.2015. Kurikulum & pembelajaran / Oleh Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2015
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Berserta Penjelasannya, hal. 2.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Ara Di Madrasah, hal 51.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.