PENGEMBANGAN VIRTUAL TOUR 360° SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAYA TARIK WISATA AIR TERJUN CAMPURASA DESA MENYALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i3.86067Keywords:
RAD, Virtual Tour, wisataAbstract
Abstrak — Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kendala dalam pengembangan Air Terjun Campurasa sebagai destinasi wisata dan mengeksplorasi potensi penggunaan Virtual tour 360° berbasis drone untuk meningkatkan kunjungan. Pengembangan ini menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle) dengan model RAD (Rapid Application Development), yang menekankan kecepatan di setiap tahapannya, meliputi perencanaan kebutuhan, desain, dan implementasi. Hasil uji ahli isi dan media menunjukkan skor 1.00 dengan kategori "sangat tinggi", sementara uji respon pengguna menunjukkan rata-rata skor 39,59, yang juga termasuk "sangat tinggi". Pengguna sangat tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Campurasa. Untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan menggunakan peralatan yang lebih canggih agar hasil promosi visual lebih sempurna dan menarik perhatian wisatawan.
Kata Kunci — RAD, Virtual tour 360, Wisata
References
Singarimbun, M., & Effendi, S. 1995. Metode Penelitian Survei.
Bashir, I. A. TA: “Penerapan Drone dan Internet Of Things sebagai Alat Pemantau Pencemaran Udara So2 dan No2 pada Lingkungan Industri”. (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika). 2024.
Riesa, R. M., & Haries, A. “Virtual tourism dalam Literature Review”. Jurnal Pariwisata Bunda, 01(1). 2020.
Handjojo. F. V. (2013). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Content Management System Dengan Format Virtual Online Tour. Jurnal Teknik Informatika Universitas Tanjungpura, 1(2) 1-6.
Haryanti, A.S. (2018). Penggunaan Media Gambar dan Media Radio Pada Pembelajaran Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Tunas Harapan Balaraja –Tangerang. Jurnal kredo, Vol. 1 No. 2 April 2018, ISSN 2599-316X.
Kabelen, N. W.” Perjalanan Dan Perkembangan Videography Dari Ilmu Hingga Menjadi Sebuah Profesi”. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 4(2). 2021
Bakri, A. R., Lukitasari, E. H., & Wibowo, Y. “Perancangan Media Promosi Pencucian Sepatu FS Clean Surakarta”. (Doctoral dissertation, Universitas Sahid Surakarta). 2021
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.