PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN PERLENGKAPAN SEKOLAH DALAM PENERAPAN FLAHSCARD DENGAN METODE PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) UNTUK ANAK AUTISME DI YAYASAN BALI PERMATA HATI
DOI:
https://doi.org/10.23887/karmapati.v13i3.88652Keywords:
Augmented Reality, Flashcard, PECSAbstract
Pengembangan Augmented Reality Pengenalan Perlengkapan Sekolah dalam Penerapan Flashcard dengan metode PECS (Picture Exchange Communication System) untuk Anak Autisme di Yayasan Bali Permata Hati merupakan sebuah media interaktif yang digunakan sebagai selingan terapi untuk mengembalikan minat dan fokus anak penyandang autisme. Flashcard konvensional yang digunakan pada saat ini minim dengan interaktifitas, sehingga anak autisme mudah bosan kemudian menjadi tantrum. Selain itu, flashcard konvensional juga mudah rusak dan hilang, sehingga perlu mencetak flashcard yang sama berula-ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun, serta respon pengguna terhadap augmented reality yang telah dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model Multimedia Development Life Cycle. Tahapan dalam model ini meliputi concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Penelitian ini diawali dengan validasi data kepada psikolog di Yayasan Bali Permata Hati. Pada tahap pengujian, telah dilakukan Uji Balckbox serta Uji Ahli Isi dengan persentase hasil sebesar 100% yang dikategorikan sangat baik, Uji Ahli Media sebesar 100%, dan Uji Respon Pengguna mendapatkan persentase hasil sebesar 83,33% dengan kategori sangat positif dan 16,67% dengan kategori positif.
References
S. A. Nugraheni, “Menguak Belantara Autisme,” Bul. Psikol., vol. 20, no. 1–2, pp. 9–17, 2012, [Online]. Available: https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/11944
N. W. Suarniti and N. K. E. Astiti, “Determinan Pola Asuh Anak Autisme di Kota Denpasar,” … (The J. …, vol. 9, no. 1, pp. 75–81, 2021, [Online]. Available: http://www.ejournal.poltekkes-denpasar.ac.id/index.php/JIK/article/view/1483
Y. W. Migang and F. Mahardhika, “E-Therapy Autism Child with Multimedia Approach (EAMA) sebagai Intervensi Perubahan Psikomotor dan Afektif pada Anak Autis,” Media Kesehat. Masy. Indones., vol. 14, no. 4, p. 388, 2018, doi: 10.30597/mkmi.v14i4.5222.
S. Rahayu, “Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis.” pp. 420–428, 2014.
N. Futuhat, D. H. I. Rusdiyani, M.Pd, and T. Y. Pratama, M.Pd, “Penggunaan Metode Pecs (Picture Exchange Communication System) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Autis Di Skh Negeri 01 Kota Serang,” UNIK (Jurnal Ilm. Pendidik. Luar Biasa), vol. 3, no. 2, 2018, doi: 10.30870/unik.v3i2.5307.
P. W. Wiwahani, “Efektifitas Metode PECS (Picture Exchange Communication System) Fase 1-IV Terhadap Kemampuan Komunikasi Ekspresif Pada Anak Autis Kelas 1 SDLB Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul,” Widya Orthodidaktika, vol. 6, no. 1, pp. 74–84, 2017, [Online]. Available: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/6879
M. Arifin and H. Widyastono, “Studi Komparasi Negara Indonesia Dengan Negara Lain Tentang Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Khusus Menggunakan Studi Komparasi Teknologi Asistif Negara Maju dan Berbasis Literasi,” BEST J. (Biology Educ. Sains Technol., vol. 3, no. 1, pp. 92–100, 2020, doi: 10.30743/best.v3i1.2469.
C. Berenguer, I. Baixauli, S. Gómez, M. de E. P. Andrés, and S. De Stasio, “Exploring the Impact of Augmented Reality in Children and Adolescents with Autism Spectrum Disorder: A Systematic Review,” Int. J. Environ. Res. Public Health, vol. 17, no. 17, pp. 1–15, 2020, doi: 10.3390/ijerph17176143.
A. A. Aldriyan and S. Amini, “Penerapan Metode Marker Based Tracking Untuk Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus,” Skanika, vol. 3, no. 4, pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/SKANIKA/article/view/2206/1097
R. E. Yahya and U. P. Madiun, “Memahami Anak Autis dan Penerapan Model Pembelajaran,” vol. 2, no. 2, pp. 48–58, 2023.
L. Goa and T. N. Derung, “Komunikasi Ekspresif Dengan Metode Pecs Bagi Anak Dengan Autis,” J. Nomosleca, vol. 3, no. 2, 2017, doi: 10.26905/nomosleca.v3i2.2037.
S. Ngarofah and A. Sumarni, “Teaching Vocabulary Using Flashcard To Young Learner,” Proj. (Professional J. English Educ., vol. 1, no. 6, p. 775, 2019, doi: 10.22460/project.v1i6.p775-782.
M. F. Syahputra, D. Arisandi, A. F. Lumbanbatu, L. F. Kemit, E. B. Nababan, and O. Sheta, “Augmented reality social story for autism spectrum disorder,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 978, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/978/1/012040.
M. Arifin and M. Fahrizal, “Pengenalan Jenis-Jenis Fauna Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode AR (Augmented Reality),” J. Portal Data, vol. 6, no. 1, pp. 1–22, 2021, [Online]. Available: http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/8
F. Arena, M. Collotta, G. Pau, and F. Termine, “An Overview of Augmented Reality,” Computers, vol. 11, no. 2, 2022, doi: 10.3390/computers11020028.
F. Fardani and Sayatman, “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android sebagai Penunjang Proses,” vol. 9, no. 1, 2020.
S. N. Purnamawati and Suprihatin, “PERUBAHAN PERILAKU MALADAPTIF DENGAN JADWAL TERSTRUKTUR PADA ANAK AUTISME,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 27, 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
KARMAPATI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.