PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
AIR berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV
di Gugus IV Kecamatan Banjar tahun pelajaran 2018/2019. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV di Gugus IV Kecamatan
Banjar pada tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 158 siswa.
Berdasarkan hasil random sampling dengan cara pengundian, diperoleh
sampel yaitu siswa kelas IV SD N 1 Banjar yang berjumlah 23 orang
sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD N 8 Banjar yang
berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data
menggunakan teknik tes yaitu pilihan ganda. Teknik analisis data dengan
menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat
pengaruh model pembelajaran AIR berbantuan media gambar terhadap
hasil belajar IPS siswa kelas IV semester genap Gugus IV Kecamatan
Banjar tahun pelajaran 2018/2019.