PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

Isi Artikel Utama

Komang Dina Aryanthi
Ign. I Wayan Suwatra
I Made Suarjana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
AIR berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV
di Gugus IV Kecamatan Banjar tahun pelajaran 2018/2019. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV di Gugus IV Kecamatan
Banjar pada tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 158 siswa.
Berdasarkan hasil random sampling dengan cara pengundian, diperoleh
sampel yaitu siswa kelas IV SD N 1 Banjar yang berjumlah 23 orang
sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD N 8 Banjar yang
berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data
menggunakan teknik tes yaitu pilihan ganda. Teknik analisis data dengan
menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat
pengaruh model pembelajaran AIR berbantuan media gambar terhadap
hasil belajar IPS siswa kelas IV semester genap Gugus IV Kecamatan
Banjar tahun pelajaran 2018/2019.

Rincian Artikel

Bagian
Articles