Kontribusi Konsep Diri Dan Peduli Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan konsep diri
dan peduli sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD
Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan Kecamatan Denpasar
Selatan. Jenis penelitian menggunakan penelitian expost factodengan jenis
studi korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Ir.
Soekarno yang berjumlah 458 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik
proporsional random samplingdengan taraf signifikan 5% dan diperoleh
banyak sampel adalah 198 orang. Dalam penelitian ini menggunakan metode
pengumpulan data dengan teknik non tes. Data kompetensi pengetahuan IPS
diperoleh dengan pencatatan dokumen yang berupa hasil UAS semester 1,
sedangkan data konsep diri dan peduli sosial diperoleh dengan
menggunakan kuesioner/angket. Analisis uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji
normalitas kolmogorov-smirnov, linieritas, multikolinieritas dan heterokesdastisitas. Selanjutnya data
dianalisis denga uji hipotesis regresi linear sederhana dan regresi linear ganda. Analisis regresi ganda
diperoleh persamaan regresi Ŷ= 31,657 + 0,165X1+ 0,451X2. Persamaan regresi yang telah didapat
berarti H0 yang menyatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan peduli sosial
terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar
Selatan ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data diperoleh R2 = 0,376 dan kontribusinyaa sebesar
37,6%. Dapat disimpulkan terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri dan peduli sosial terhadap
kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan Tahun
Ajaran 2018/2019. Diharapkan dalam penelitian ini mampu mengoptimalkan konsep diri dan peduli
sosial siswa dan menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya kompetensi
pengetahuan IPS