PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TINGKAT MOTOR ABILITY TERHADAP KETERAMPILAN SMASH LURUS SEPAK TAKRAW MAHASISWA PENJASKESREK FOK UNDIKSHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v2i2.11484Abstract
Sepak takraw merupakan permainan yang mempergunakan bola dari rotan atau plastic (synthetic fibre) dilakukan di atas lapangan empat persegi panjang dan rata. Dalam bermain sepak takraw diperlukan beberapa teknik dasar. Salah satunnya adalah teknik dasar smash lurus. Akan tetapi, mahasiswa Putra Jurusan Penjaskesrek FOK Undiksha dalam melakukan smash lurus masih kurang maksimal. Sementara itu, untuk bisa bermain sepak takraw seorang pemain sepak takraw yang baik, mereka juga harus memiliki tingkat kemampuan motor ability yang tinggi pula. Penelitian dirancang untuk menginvestigasi pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan motor ability terhadap keterampilan smash lurus dalam permainan sepak takraw pada mahasiswa putra Jurusan Penjaskesrek FOK Undiksha.
Desain yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah faktorial 2 x 2. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsionalrandom sampling.. Data diambil dengan Barrow Motor Ability Test dan tes keterampilan dasar sepak takraw. Simpulan 1)Ada perbedaan pengaruh signifikan antara strategi pembelajaran driil dan strategi bermain terhadap keterampilan smash lurus dalam permainan sepak takraw, 2)Ada perbedaan pengaruh keterampilan smash lurus dalam permainan sepak takraw antara yang memiliki kemampuan motor ability tinggi dan rendah, 3)Ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan motor ability terhadap keterampilan lurus dalam permainan sepak takraw.
References
Amung Am’un dan Toto Subroto.2001. Strateg Keterampilan Taktis dalam Permainan Bola Voli. Jakarta: Ditjen Olahraga.
Budiono, Kodrat. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Gerak terhadap hasil belajar Sepak dan Tahan Bola dalam Permainan Sepak Bola.Jurnal ISSN; 1411-8319 Vol. 11 No 3 Tahun 2011.Tersedia Pada http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/37 [Diakses tanggal 27 Agustus 2012].
Kerlinger, Fred N. 2002. Asas-asas Penelitian Behavioral (Edisi terjemahan oleh R Simatupang). Bandung: Gajah Mada University Pres.
Morrow JR dkk. 2006. Measurement And Evaluation in Human Performance. Kanada: Human Kinetics.
Nurhasan.2000. Tes dan penggukuran pendidikan olahraga. Jakarta: FPOK UPI
PB PSTI. 2007. Peraturan Permainan Peraturan Perwasitan dan Peraturan pertandingan SepakTakraw. Jakarta: PB PSTI.
Rusli Lutan. 1988. Belajar Keterampilan motorik: Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Sagala, Saiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Semarayasa, I Ketut. 2010. Pengaruh metode pembelajaran dan Tingkat Motor Educability terhadap keterampilan teknik dasar bermain sepak takraw. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Jilid 43 No 1 Hal 1-88 Singaraja April 2010.ISSN 0215-8250.
Siswandari. 2009. StatistikaComputer Based. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Ed. Ke 6. Bandung: Penerbit Tarsito.
Sugiyanto. 1998. Belajar Gerak dan Perkembangan Gerak Manusia BPK. Surakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Arikunto.2005. Manajemen Penelitian.ed revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukintaka. 2004. Teori Pendidikan Jasmani.Cetakan Pertama. Bandung:Yayasan Nuansa Cendekia.
Sulaiman. 2007. PermainanSepak Takraw.http://sulaiman-fikunnes.blogspot.com/2007/10/sepak-takraw.html [Downloaded 2-11-2012].
-------,2008. Sepak Takraw: Pedoman Bagi Guru Olahraga, Pembina, Pelatih, dan Atlet. Semarang:
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)