UPAYA MENINGKATKAN AKURASI TEKNIK PASSING MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.19976Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi passing dengan metode drill pada kegiatan ekstrakulikuler SMPN 10 Malang. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif dengan metode penelitian tindakan olahraga (PTO), serta menggunakan instrumen berupa tes. Subjek penelitian adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola SMPN 10 Malang yang terdiri dari 20 siswa laki – laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan passing kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan passing kaki bagian punggung permainan sepakbola menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dengan penggunaan metode drill yaitu masuk pada pada kategori baik sekali.
Referensi
Al Anshar, D. 2018. Pengaruh Metode Drill Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Sepakbola Siswa Sekolah Sepakbola (Ssb) Sheva Sukakersa.
Amiq, F. 2014. FUTSAL (Sejarah, Teknik Dasar, Persiapan Fisik, Strategi, dan Peraturan Permainan). Malang: Universitas Negeri Malang.
Amiq, F. 2016. Sepakbola (Sejarah Perkembangan, Teknik Dasar, Persiapan Kondisi Fisik, Peraturan Permainan, Dan Strategi Bermain). Malang: Universitas Negeri Malang.
Aprinova. F. & Hariadi. I. 2016.Metode Meningkatkan Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling) Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Sekolah Sepakbola Putra Zodiac Kabupaten Bojonegoro Usia 13-15 Tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga, Vol 1 No 1 Oktober 2016. (Online) journal.um.ac.id/index.php/jko/article/view/7709.
Rivai, M., Atiq, A., & Triansyah, A. PENGARUH METODE LATIHAN DRILL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING SEPAKBOLA PADA PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3).
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tangkudung, J. dan Puspitorini, W. 2012. Kepelatihan Olahraga;Pembinaan Prestasi Olahraga Edisi II. Jakarta: Cerdas Jaya. Arikunto, S. & Jabar, C.SA. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)