IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Penulis

  • Ketut Suliaji SMAN 3 Amplapura

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20920

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bola voli pada siswa kelas XII MIPA3 SMAN 3 Amlapura  tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan  model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 3 Amlapura Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 35 orang siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat penguasaan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siklus I sebesar 42,86% berada pada dalam kategori sangat kurang. Pada Siklus II sebesar 85,71% berada pada berada dalam kategori baik. Terjadi peningkatan persentase tingkat penguasaan hasil belajar teknik dasar passing in bola voli sebesar 42,85% dari siklus I ke siklus II. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar passing bola voli.

Referensi

Arends, R.I. 2008. Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ari, Maryani Nyoman. 2005. Penerapan Pembelajaran dengan Menggunakan Media Video Cassette Disc (VCD) Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Singaraja. Skripsi IKIP Negeri Singaraja (tidak diterbitkan).

Muthoharoh, N. B. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif" Think Pair Share" terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Nasution. S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara.

Nurhadi. Dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Universitas Negeri Malang.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs. Jakarta: Prenada Media Group

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada

Media Group Surayya, L., Subagia, I. W., Tika, I. N., & Si, M. (2014). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Diterbitkan

2020-02-09

Terbitan

Bagian

Articles