PERBEDAAN LATIHAN DAN BAKAT KINESTETIK TERHADAP KEMAMPUAN SMASH BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.21046Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh latihan dan bakat kinestetik terhadap kemampuan smash bola voli. Penelitian menggunakan intake kelas sebagai sampel, sehingga penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen kuasi (quasi eksperiment) dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah Siswa SD Negeri 1 Pelapuan berjumlah 48 orang. Pengumpulan data dengan angket dan tes kemampuan smash bola voli berbentuk lembar observasi. Metode analisis data menggunakan analisis kovarian (ANACOVA) faktorial 2×2 dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok metode latihan smash bola voli yaitu: = 6,518 lebih besar dari LSD(KSBV) = 4,996. Nilai rata-rata kemampuan smash bola voli pada kelompok (bergerak) secara statistik lebih tinggi dibandingkan pada kelompok (diam). Ditinjau dari siswa yang memiliki bakat kinestetik tinggi dan rendah adalah 6,814 dengan standar deviasi SD=2,449 dengan angka signifikansi lebih kecil dari 0,05.Di samping itu, = 6,814 lebih besar dari LSD(KSBV)= 4,996. Nilai rata-rata siswa dengan bakat kinestetik tinggi secara statistik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki bakat kinestetik rendah. Terdapat interaksi antara latihan dan bakat kinestetik terhadap kemampuan smash bola voli merupakan interaksi ordinal (bersilangan). Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara perbedaan latihan dan bakat kinestetik terhadap kemampuan smash bola voli siswa SD Negeri 1 Pelapuan.
Referensi
Bowles Terry. 2012. The longer they stay the less talented they perceive they are: Females talent based on approaches to learning. Australian Journal of Educational & Developmental Psychology. pp. 12-20 (12). 1-20. Tersedia pada: www.newcastle.edu.au/ journal/ajedp/. Diakses pada tanggal: 28 Desember 2013
Candiasa, M. 2010. Pengujian instrumen penelitian disertasi aplikasi itemen dan bigsteps.Singaraja: Undiksha.
Candiasa, M. 2010. Statistik univariat dan bivariat disertasi aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Khurshid, F. 2012. Learning styles of natural sciences, social sciences and humanities students at graduate level. Interdisciplinary journal of contemporary research in business. 3. (9). 672-678. Tersedia pada: http://www. journalarchieves14.webs.com/672678.df. Diakses pada Tanggal: 25 November 2013.
Ronald, M. G. 1976. Information Processing in Motor Skill. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Sarwa I N. 2010. Determinasi potensi akademik, bakat kinestetik, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar kerawitan pada mahasiswa jurusan karawitan fakultas seni pertunjukan institut seni indonesia denpasar. Jurnal penelitian pasca sarjana Undiksha. 7,(1) 1-15. Tersedia pada: http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnalpp/article/view/23/23. Diakses Pada tanggal: 25 Februari 2014.
Sarwono, S. W. 1977. Psikologi Remaja. Jakarta: Gramedia.
Santyasa, I W. 2012. Seri buku ajar perguruan tinggi: pembelajaran inovatif. Undiksha Press.
Schneider, S. K. 2011. Wise teaching to students kinesthetic intelligence: The teacher as surrogate, Guru, foreshadower, choreographer, or expeditionist. Journal of the Assembly for Expanded Perspectives on Learning. 16. 23-39. Tersedia pada: http://trace.tennessee.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1190&context=jaepl. Diakses pada Tanggal 1 Oktober 2013.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)