PENGARUH MODERASI SELF EFFICACY PADA HUBUNGAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Ni Made Srianggareni, Komang Krisna Heryanda, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji tentang (1) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha kelompok mahasiswa wirausaha di Undiksha, (2) Pengaruh self-efficacy terhadap minat berwirausaha pada kelompok mahasiswa wirausaha di Undiksha, dan (3) Pengaruh self-efficacy sebagai variabel moderasi pada hubungan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang lulus dalam seleksi Program Mahasiswa Wirausaha pada tahun 2019 yang berjumlah 39 tim, sedangkan objek yang digunakan adalah pengetahuan kewirausahaan, self-efficacy, dan minat berwirausaha. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden penelitian dan kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi dengan variabel moderasi. Hasil penelitian (1) Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (2) self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dan (3) self-efficacy sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif dan signifikan pada hubungan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha.

Kata Kunci: minat berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan, self-efficacy

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26183

Article Metrics

Abstract view : 703 times
PDF file view : 1227 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26183.g15504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prospek is published by:


UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id

p-ISSN: 2685-5526 (printed), e-ISSN: 2714-562X (Online)



Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis is indexed by:


   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.