PENGARUH MODERASI SELF EFFICACY PADA HUBUNGAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26183Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji tentang (1) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha kelompok mahasiswa wirausaha di Undiksha, (2) Pengaruh self-efficacy terhadap minat berwirausaha pada kelompok mahasiswa wirausaha di Undiksha, dan (3) Pengaruh self-efficacy sebagai variabel moderasi pada hubungan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang lulus dalam seleksi Program Mahasiswa Wirausaha pada tahun 2019 yang berjumlah 39 tim, sedangkan objek yang digunakan adalah pengetahuan kewirausahaan, self-efficacy, dan minat berwirausaha. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden penelitian dan kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi dengan variabel moderasi. Hasil penelitian (1) Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (2) self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dan (3) self-efficacy sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif dan signifikan pada hubungan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha.
Kata Kunci: minat berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan, self-efficacy