Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di Singaraja

Authors

  • Ida Bagus Hary Arindra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

citra merek, keputusan pembelian, kualitas produk

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji pengaruhdari citra merek dan kualitas produk secara simutlan maupun parsial terhadap keputusanpembelian smartpone Xiaomi di Singaraja. Jenis rancangan pada studi ini adalah kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam studi ini menggunakan teknik metode nonprobability sampling yaitu purposiv sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 120responden. Kuesioner digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan datadan menggunakan metode analisis regresi liner berganda sebagai teknik analaisis. Hasil dari penelitian ini adalah: (1). Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Singaraja. (2). Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Singaraja. (3). Citra merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Singaraja.

References

Databoks. 2021. Daftar Negara Pengguna Smartphone Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa?. Diakses pada tanggal 10 September 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/01/daftar-negara-pengguna-smartphone-terbanyak-indonesia-urutan-berapa

Fatmaningrum, Sakti Riana., Susanto, dan Fadhilah, Muinah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 176-``188.

Ghozali, Imam. 2006. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, Lukmanul dan Saragih, Rinjani. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara Di Ud.Barelang Tani Jaya Batam. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 6(2), 37–53.

Indah D, R., Afalia, I., dan Maulida, Z. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 83-94.

Juliana, K. E., Telagawathi, N. L. W. S., dan Susila, G. P. A. J. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 1–8.

Kompas. 2020. Sejarah 10 Tahun Xiaomi, Lahir Bernama Dami hingga Termuda di Fortune 500. Diakses pada tanggal 10 September 2021, dari https://tekno.kompas.com/read/2020/08/14/13140027/sejarah-10-tahun-xiaomi-lahir-bernama-dami-hingga-termuda-di-fortune-500?page=all

Kotler, P dan Keller, K.L.. 2016. Marketing Management. Pearson Pretice Hall. New Jersey.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kumparan. 2021. Jadi Brand Nomor 1 di Indonesia, Ini HP Xiaomi yang Paling Laris. Diakses pada tanggal 10 September 2021, dari https://kumparan.com/kumparantech/jadi-brand-nomor-1-di-indonesia-ini-hp-xiaomi-yang-paling-laris-1wLJmFWti3Z/full

Laila, Eky Jumrotul dan Sudarwanto, Tri. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab

Rabbani Di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(1).

Marantika, W., dan Sarsono. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Word of Mouth, dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Pengunjung Toko Amigo Pedan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 114.

Novansa, Hafizh dan Ali, H. (2017). Purchase Decision Model : Analysis of Brand Image , Brand Awareness and Price ( Case Study SMECO Indonesia SME products).

Nurhayati, Siti. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 4(2).

Putra, Edo Imanda., dan Prijati. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(1).

Sinaga, L., Mulyowahyudi, Alugro. (2019). Analysis of the Effect of Gas Prices, Product Quality, and Service Quality Against Natural Gas Purchasing Decisions at PT Perusahaan Gas Negara, TBK in Electricity Sector. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Supangkat, A. H., dan Supriyatin. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9).

Tjiptono, F. 2011. Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Winardy, I., Purba, Purnama Yanti, Chaniago, C., dan Andika. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Innova. International Journal of Social Science and Business, 5(2).

Downloads

Published

2024-07-23

Issue

Section

Articles