Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Gayatri Mas Mode di Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.45990Keywords:
Kepercayaan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini ada dengan tujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Gayatri Mas Mode di Singaraja baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif kausal dengan jumlah sampel penelitian yaitu 130 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepercayaan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (2) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (3) kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
References
Anugrah. 2019. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman Barang JNE di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, Vol. 5, No. 2
Apriliani, Dwi dkk. 2020. Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Brand Image, dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Membercard. E-Bisma, Vol. 1, No. 1
Asyhari, Dana Surga. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan GRAB di Surabaya. Jurnal Riset dan Ekonomi, Vol. 18, No. 1
Dewi, Rulirianto. 2020. Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan Pelanggan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelangga PT Buana Langgeng Jaya Tulungagung. Jurnal Aplikasi Bisnis, ISSN : 2407-3741
Dharma, Robby. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK, Vol. 6, No. 2
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Penerbit Seri Pustaka
Gozhali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro
Purwanda, Eka dan Trisna Wati. 2018. Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Survey pada Pelanggan Lazada di Wilayah Bandung Timur). Jurnal INTEKNA, Vol. 18, No. 2
Rachman, Oktavianti. 2021. Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Penggunaan Sistem Pembayaran Online (Survei Pengguna Produk UniPin). Prologia, Vol. 5, No. 1
Sudarnice. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan dan Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Minimarket Alfamidi Kolaka. Dimensi, Vol. 9, No. 2
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta
Supertini, N.P.S., dkk. 2020. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 2, No. 1
Tjiptono, Fandy & Aanastasia Diana. 2015. Pelanggan Puas? Tak Cukup!. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
Umar, Siti Nurbaya. 2020.Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Kartu Indosat (Studi pada Mahasiswa D4 Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga PNM Tahun Akademik 2019/2020. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol.6, No. 2