Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Lama Usaha terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Kalibukbuk Kecamatan Buleleng

Authors

  • Ni Nyoman Tri Utami Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Suci Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.49987

Keywords:

Lama Usaha, Modal, pendapatan, tingkat pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal, tingkat pendidikan dan lama usaha secara simultan dan parsial terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional Kalibukbuk Kecamatan Buleleng. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedagang pasar tradisional Kalibukbuk. Sedangkan objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah modal, tingkat pendidikan, lama usaha dan pendapatan. Jumlah sampel yang digunakan adalah 51 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) modal, tingkat pendidikan dan lama usaha berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional Kalibukbuk Kecamatan Buleleng. (2) modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional Kalibukbuk Kecamatan Buleleng. (3) tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional Kalibukbuk Kecamatan Buleleng. (4) lama usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional Kalibukbuk Kecamatan Buleleng.

References

Asmie, 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Di Kota Yogyakarta. Jurnal NeO-Bis. Universitas Bhayangkara. Vol. 2, No. 2, pp: 197-210.

Anggraini, Wike. 2019. Pengaruh Faktor Modal, Jam Kerja dan Lama Usaha terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pedagang Pasar Pagi Perumdam II Sriwijaya Kota Bengkulu. Skripsi. Fakultas Ekonomi Bisnis Islam.

Bramastuti, Novia. 2009. Pengaruh Prestasi Sekolah dan Tingkat Pendapatan Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa SMK Bakti Oetama Gondangrejo Karanganyar

Damayanti, Ifany. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Gede Kota Surakarta. Skripsi. Surakarta : Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Endang Purwanti. 2012. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayan dan Kalilondo Salatiga, Jurnal, Vol.5, No.9.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Kartiningsih. 2016. Pengaruh Modal, Lama Usaha, Jam Kerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Alun-Alun Raden Bagus Assra Kironggo Kabupaten Bondowoso. Skripsi. Universitas Jember.

Liza dan Suktiarti. 2013. “Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan, Tingkat Pendidikan dan Status Pekerjaan dengan Motivasi Lansia Berkunjung ke Posyandu Lansia di Desa Dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Jurusan S1 Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

Majid Rosidi, Suparno. 2018. “Pengaruh Modal dan Tenaga Kerja terhadap Pendapatan Home Industri Sepatu di Kabupaten Sidoarjo”. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Vol.3, No.2

Moenir A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Buni Aksara

Nurhayati, 2017. Analisis Faktor- factor yang mempengaruhi pendapatan pedagang sayur di pasar tradisional Kabupaten Majalengka. Skripsi. Program sarjana. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rinjaya, Trio. 2020. Pengaruh Modal Sendiri, Modal Pinjaman, Lama Usaha dan Kualitas Produk terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Tegal. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Panjisakti Tegal.

Riyanto Bambang. 2001. Dasar-Dasar Perusahaan. Yogyakarta: Yayasan Penerbit

Samuelson, Paul A dan William D Nordhaus. 2003. Makro Ekonomi. Edisi 14. Jakarta : Erlangga

Simanjuntak, Payaman J. 2001. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta. Fakultas Ekonomi UI

Suhartika. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Di Pasar Antang Kelurahan Bitoa Kecamatan Manggala Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah.

Sukirno, Sadono. 2004. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Edisi ke 3 Cetakan 20. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Sukirno, S. 2002. Teori Mikro Ekonomi. Cetakan Keempat Belas Rajawali. Press: Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tambunan, Tulus. 1999. Perkembangan Industri Skala Kecil Di Indonesia. Jakarta: Mutiara Sumber Widya

Tri Hentiani.L. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Informal Di Pajak Sentral Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara Fakultas Ekonomi

Tri Utari, Martini Dewi. 2014. “Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat”. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. Vol.3, No.12

Vijayanti, Dwi dan Murjana Yasa. 2016. “Pengaruh Lama Usaha Dan Modal Terhadap Pendapatan Dan Efisiensi Usaha Pedagang Sembako Di Pasar Kumbasari”. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, Vol.5, No.12.

Widi, Lestari. 2011. Pengaruh Upah, Tingkat Pendidikan dan Teknologi terhadap Produktivitas Tenaga Kerja pada Industri Kecap di Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Semarang

Yuda, Choirizal HeroPrawira. 2019. Analisis Pengaruh Modal, Lama Usaha dan Tingkat Pendidikan terhadap Pendapatan UMKM pada Sektor Perdagangan di Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Zahara. 2020. Pengaruh Jam Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Jalan Suromenggolo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Downloads

Published

2023-07-29

Issue

Section

Articles