Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kerajinan Anyaman Bambu di Desa Sidetapa.

Authors

  • Ni Kadek Yenny Devita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Endrawan Sumadi Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.58963

Keywords:

keputusan pembelian, kualitas produk, promosi

Abstract

Tiga faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kerajinan anyaman bambu di Desa Sidetapa yang diteliti dalam penelitian ini yaitu: (1) pengaruh promosi & kualitas produk terhadap keputusan pembelian; (2) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian; & (3) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini, desain penelitian kuantitatif kausal digunakan. Subjek penelitiannya adalah pelanggan yang membeli kerajinan anyaman bambu di Desa Sidetapa, & objek penelitiannya adalah iklan, kualitas produk, & keputusan pelanggan. Sebanyak 100 responden dijadikan sampel penelitian. Kuesioner yang diberikan kepada responden berfungsi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan antara promosi & kualitas produk dengan cara konsumen mengambil keputusan membeli, (2) ada hubungan antara promosi dengan cara konsumen mengambil keputusan membeli, & (3) ada hubungan antara promosi dengan kualitas produk. kualitas produk & bagaimana konsumen mengambil keputusan pembelian kerajinan anyaman bambu di Desa Sidetapa.

References

Assauri,S.,2015.Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Astuti, R., ArdiIa, I., & Iubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan KuaIitas Produk Terhadap Keputusan PembeIian Sepatu Merek Converse .JurnaI AKMAMI (AkuntansiManajemenEkonomi),2(2),204-219.

Devi, I. K.I. (2019).Pengaruh KuaIitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan PembeIian Pada MarketpIace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Surabaya) (DoctoraIdissertation, UINSunan AmpeI Surabaya).

Ginting, K.E.N., Simarmata, A. M., SiIaIahi, Y., & GuIo, P. (2019). Pengaruh KuaIitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan PembeIian Konsumen Pada Pt. Duta Ayumas Persada Namorambe DeIi Serdang JurnaI Manajemen,5(2),137-144.

KaIpikawati, I. A. (2020). Pengaruh KuaIitas Produk dan Promosi PenjuaIan terhadap Keputusan PembeIian di Starbucks Kuta BaIi. JurnaI Gastronomi Indonesia, 8(2),49-55.

KotIer, PhiIip & Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, JiIid 1, ErIangga, Jakarta

Nasution,A.E.,Putri,I.P.,&Iesmana,M.T.(2019,October). AnaIisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembeIian konsumen pada 212 mart dikota medan.In Prosiding Seminar NasionaI Kewirausahaan(VoI. 1, No.1,pp.165-173).

Prasetya,S.H.(2020).Pengaruh KuaIitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan PembeIian Koran Jawa Pos. JurnaI IImiah Aset, 22(2),159-172.

Rahmat, T. S. (2016).AnaIisis Kerajinan Anyaman Bambu Ditinjau Dari Teknik, Bentuk Dan Fungsi Di Industri Kerajinan Bunga Matahari DiBinjai( DoctoraIdissertation,UNIMED).

Rahmawan, G., & Hidayat, R. (2020). Faktor yang mempengaruhi keputusan pembeIian pada pengguna tokopedia. JurnaI Manajemen, 12(2), 227-232

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013) PeriIaku Konsumen. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi Offset

Downloads

Published

2023-07-29

Issue

Section

Articles