Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Lenovo di Kecamatan Buleleng

Authors

  • I Putu Rian Adi Suarsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Endrawan Sumadi Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.59183

Keywords:

citra merek, gaya hidup, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian baik itu secara simultan maupun secara parsial. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif kausal. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen laptop Lenovo di Kecamatan Buleleng dengan objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu gaya hidup, citra merek, dan keputusan pembelian. Jumlah sampel adalah 70 responden. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) gaya hidup dan citra merek secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (2) gaya hidup berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Astuti, Dkk. 2020. Pengaruh Gaya Hidup Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di Kota Medan. Seminar Of Social Sciences Engineering & Humaniora.

Ferdinand, A. 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis, Dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang : Universitas Diponegoro

Kaharu, Debora. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 3.

Kotler, Philip dan Gary. Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, K.L. 2012. Marketing Management. Edisi 14. New Jersey : Pearson Prestice Hall.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. Edisi 14. Harlow : Perason Education.

Masrani, Juliya & Abd. Rasyid S. 2016. Pengaruh Brand Image, Price Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Pada

Mahasiswa Kedokteran Methodist Medan. Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu .Vol.4 No.3.

Miati, Iis. 2020. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwara. Vol. 1, No. 2, Maret 2020, pp. 71-83.

Mowen, J.C Dan M. Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 2 Edisi Kelima. Terj. Dari Consumen Behavior. 5thed. Dwi Kartini Yahya. Jakarta : PT. Penerbit Erlangga.

Nurhayati, Dkk. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Jbma. Volume. Iv, Nomor. 2. (hlm 60-69).

Prasetyaningsih, Dkk. 2016. Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Brended Tiruan Pada Wanita Karir Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. Volume. 2, Nomor.2.

Setiadi, J Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Media Group.

Somantri, Bambang dkk. 2020. Pengaruh Gaya Hidup Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone (Studi Kasus pada Siswa dan Siswi SMAN 3 Kota Sukabumi). Cakrawala – Repositori IMWI. Volume 3, Nomor 1, April 2020 p-ISSN: 2620-8490; e-ISSN: 2620-8814.

Tjiptono. Fandy. (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

Downloads

Published

2023-07-29

Issue

Section

Articles