Pengaruh Norma Subjektif, Return, Risiko, dan Pengetahuan Investasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha

Authors

  • Shazkia Maria Ulfa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suarmanayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.59185

Keywords:

Minat investasi, Norma Subjektif, Pengetahuan Investasi, Return, Risiko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh norma subjektif, return, risiko, dan pengetahuan investasi terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha, sementara objek pada penelitian ini adalah norma subjektif, return, risiko, pengetahuan investasi dan minat investasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi, (2) return berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi, (3) risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi, (4) pengetahuan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi, (5) norma subjektif, return, risiko, dan pengetahuan investasi berpengaruh signifikan terhadap minat investasi.

References

Aini, N., Maslichah, & Junaidi. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kota Malang)”. E-Jra 08, (05), 28–52.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes.

Ghaitsa Dhiya Hafizhah, & Eny Kusumawati. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi di Pasar Modal. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 819–829.

IGAW Pratama, (2022). Intensi Berinvestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Profesi. Volume 13 Nomor 1.

Izzah, dkk (2022). The Effect Of Investment Knowledge , Risk Perception , Return Perception And Technology Advancement On Student Investment Interest. 194–201.

KSEI. (2022). Gen Z Kuasai Pasar Modal Indonesia. (diakses pada 14 November 2022).

Salisa, N. R. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Pasar Modal: Pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Akuntansi Indonesia, 9(2), 182. https://doi.org/10.30659/jai.9.2.182-194

Siti, B., Hidayati, A., Bintang, S., & Putra, M. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi , Manfaat Investasi , Motivasi Investasi , Modal Minimal Investasi Dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram ).

Susanto, I., & Djajanti, A. (2022). Pengaruh Norma Subjektif, Pengetahuan Laporan Keuangan, dan Literasi Finansial terhadap Minat Investasi Pada Mahasiswa. Jurnal Riset Perbankan, Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 123–132.

Taufiqoh Ernia, Nur Diana, Junaidi. (2019). Pengaruh Norma Subjektif, Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Persepsi Return Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Berinvestasi Saham Di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UNISMA Dan UNIBRAW Di Malang).‖ E-Jra 08, no. 05, 9–20.

Tribun Bali. (2022) Investor Saham di Bali Tumbuh, Per Juni 2022 Ada 11.115 Investor Baru. (diakses pada 13 November 2022).

Widati, S., Wulandari, E., & Putriliawati, A. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Return Investasi Dan Resiko Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Melakukan Investasi Di Pasar Modal. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 483–491. https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.78

Widiasworo. (2019) Buku Menyusun Penelitian Kuantitatif Untuk Skripsi Dan Tesis. Araska:Yogyakarta.

Wulandari, P. A., Sinarwati, N. K., & Purnamawati, I. G. A. (2017). Pengaruh Manfaat, Fasilitas, Persepsi Kemudahan, Modal, Return, dan Persepsi Resiko terhadap Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi Secara Online ( Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha ). Economics and Finance, 1, 12.

Downloads

Published

2023-07-29

Issue

Section

Articles