Pengaruh Media Sosial dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Neana Florist

Authors

  • Kadek Ayu Nensiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Dwi Ariani Mayasari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.59227

Keywords:

keputusan pembelian, kualitas produk, media sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media sosial dan kualitas produk baik secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian pada usaha Neana Florist. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 75 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) media sosial, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada usaha Neana Florist. (2) media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada usaha Neana Florist. (3) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada usaha Neana Florist.

References

Angipora. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedua. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Astuti. (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian. (Studi Kasus pada Gallery Umma Laily). Skripsi: Universitas

Ekasari, Novita. 2014. pengaruh promosi berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian produk jasa pembiayaan kendaraan pada PT. BFI Finance Jambi. Volume 16, Nomor 2, Hal.81-102. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gunelius, Susan. 2011.30-Minute Social Media Marketing.United States (US) : McGrawHill Companies

Hendro. 2014. Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Analisa Sosiologi, Vol.3, No.1, HAL 13-24

Kotler, P. dan K. L. Keller, 2009.Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13, alih bahasa Bob Sabran, Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Lubis.(2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara.Skripsi. Medan : Fakultas Ekonomi Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara.

Safitri.(2020). Pengaruh iklan media sosial dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mandiri Tuna Tahu Pak Ran Pacitan.Skripsi. Jawa Timur: Institut Agama Islam Negeri Ponogoro.

Suandry. 2019. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia, AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4 (1), 43-51

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatit Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thoyibie, L. 2010. Psikologi Social Media. Diakses pada http://komunikasi-indonesia.org (diakses tanggal 15 November 2022)

Tjiptono, 2009. Strategi Pemasaran Jasa. CV. Andi:Yogyakarta

Downloads

Published

2023-07-29

Issue

Section

Articles