Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Merek Lifebuoy di Kota Singaraja

Authors

  • Ni Luh Putu Arini Gita Cahya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.59992

Keywords:

citra merek, keputusan pembelian, kesadaran merek

Abstract

Pihak peneliti melakukan kegiatan penelitian ini dengan tujuan melakukan proses pengujian terkait pengaruh yang dimunculkan oleh aspek variabel citra merek dan aspek variabel kesadaran merek dengan secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian sabun mandi dengan merek Lifebuoy yang terdapat di Kota Singaraja. Pihak peneliti dalam hal ini memakai rancangan penelitian ialah kuantitatif kausal. Dalam melakukan proses penentuan sampel, maka memakai teknik yang bernama purposive sampling. Banyaknya jumlah sampel yang dipakai oleh pihak peneliti ialah mencapai 100 responden. Instrument yang dalam hal ini dipakai oleh pihak peneliti ialah berupa data yang berhasil diperoleh dari proses melakukan kegiatan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang dipakai dalam pengolah data ialah berupa analisis regresi linier berganda. Adapun perolehan dari hasil melakukan kegiatan penelitian ini, ialah: (1) citra merek tanpa memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian sabun mandi dengan merek Lifebuoy, (2) kesadaran merek mampu memberikan hasil pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sabun mandi dengan merek Lifebuoy dan (3) citra merek dan kesadaran merek mampu memberikan hasil pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sabun mandi dengan merek Lifebuoy yang terdapat di Kota Singaraja.

References

Anita dan Ardiansyah. 2019. “The Effect of Brand Awareness, Brand Image, and Media Communication on Purchase Decision in the Contecxt of Urban Area”. Sampoerna University, Journal of Business and Entrepreneurship, Volume 7, Nomor 2 (hlm. 40-50).

Arianty, dan Ari Andira. 2021. “Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian”. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Volume 4, Nomor 1.

Apriany, dan Gendalasari. 2022. “Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK SUMMIT”. Institut Bisnis dan Informasi Kesatuan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Volume 10, Nomor 1.

Dinata dan Nurtjahjani. “Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Piring Sunlight (Studi pada Warga Desa Songgokerto Kota Batu)”. Politeknik Negeri Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis.

Ferdinand, Agusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. AGF Books.

Keller, Kevin Lane. 2013. Strategic Brand Management: Building, Measyring, and Managing Brand Equity. Global Edition (4th ed.). Person Education.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga.

Prabowo, Rokh Eddy dkk. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olah Raga Merek Adidas (Studi di Kota Semarang)”. Universitas Stikubank Semarang. Majalah Ilmiah Solusi, Volume 18, Nomor 4 (hlm. 121-132).

Prihani dan Heri Pasuhanda Manurung. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Piring Sunlight pada Warga Desa Danau Sijabut”. Fakultas Ekonomi Universitas Asahan. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (hlm. 21-31).

Rantau dkk. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Mr. Suprek Surabaya”.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Tarwoto dan Wartonah. 2010. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salmeba Medika.

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijaya, Valentina Teja. 2022. “Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Keamanan Privasi terhadap Keputusan Pengguna Gojek”. Universitas Katolik Darma Cendika. Jurnal Bisnis Perspektif, Volume 14, No. 1.

Downloads

Published

2023-07-29

Issue

Section

Articles