Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek, dan Lingkungan Fisik Terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Jalan Ngurah Rai Singaraja

Authors

  • Ketut Jordy Gunawan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

citra merek, keputusan pembelian, lingkungan fisik, potongan harga.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) potongan harga, citra merek, dan lingkungan fisik terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Jalan Ngurah Rai Singaraja, (2) potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Jalan Ngurah Rai Singaraja, (3) citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Jalan Ngurah Rai Singaraja, dan (4) lingkungan fisik terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Jalan Ngurah Rai Singaraja. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Alfamart Jalan Ngurah Rai Singaraja dan objek penelitian adalah potongan harga, citra merek, lingkungan fisik, serta keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) potongan harga, citra merek, dan lingkungan fisik berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Jalan Ngurah Rai Singaraja, (2) potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Jalan Ngurah Rai Singaraja, (3) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Jalan Ngurah Rai Singaraja, dan (4) lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Jalan Ngurah Rai Singaraja.

References

Arista, D. dan Astuti, S. R. T. (2011). “Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen”. Jurnal Ilmiah Aset, Volume 13, Nomor 1 (hlm. 37-45).

Emor, Rizky Y. S. dan Soegoto, A. S. (2015). “Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek, dan Lingkungan fisik terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu”. Jurnal EMBA, Volume 3, Nomor 1, (hlm. 738-748).

Gilbert, David. (2003). Retail Marketing Management Second Edition. Prentice Hall.

Harahap, Dedy Ansari. (2015). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak Usu (Pajus) Medan”. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Volume 7, Nomor 3, (hlm. 227-242).

Hightower Jr. R. (2010). “Lingkungan Fisik Hierarchial Factor Structure Model”. Global Review of Business and Economic Research, Volume 5, Nomor 2, (hlm. 375-398).

Idris, Andrianto H. N. (2013). “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Innova di Semarang”. Journal of Management, Volume 2, Nomor 3, (hlm. 1-10).

Khumairo, et al. (2018). “Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kapal Api di Lumajang”. In Proceedings Progress Conference, Volume 1, Nomor 1, (hlm. 262-270).

Kotler, Philip and Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing, Edisi Keempatbelas. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran jilid 1. Edisi Keduabelas. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Lestari, G. D. dan Parjono, P. (2018). “Pengaruh Potongan Harga dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Pulorejo Kota Mojokerto”. Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, (hlm. 1-7).

Ma’ruf, Hendri. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Masloman, M., Lumanauw, B., & Trang, I. (2015). “Kualitas Pelayanan dan Lingkungan fisik Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen pada Kentucky Fried Chicken Multimart Ranotana Manado”. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Volume 2, Nomor 4.

Nainggolan, Nora Pitri. (2018). “Analisis Pengaruh Merek, Potongan Harga dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk di Kota Batam”. Jurnal Akuntansi Barelang, Volume 3, Nomor 1, (hlm. 84-95).

Nurochani, Nila dan Deden Mulyana. (2017). “Pengaruh Lingkungan fisik dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Klinik Bersalin Bunga Mawarni Kota Banjar)”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Volume 11, Nomor 1, (hlm.11-15).

Prabarini, Anggun, dkk. (2018). “Pengaruh Promosi Penjualan dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kecantikan Wardah di Toserba Borobudur Kediri”. JIMEK, Volume 1, Nomor 2, (hlm. 259-270).

Pradana, Dedhy, dkk. (2017). “Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor”. KINERJA, Volume 14, Nomor 1, (hlm. 16-23).

Ratri, Lutiary Eka. (2007). Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) Operator Seluler dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro Semarang.

Ressa, dkk. (2019). Pengaruh Lingkungan Fisik, Fasilitas dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Konsumen Memilih Goldenlake Resort. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Volume 7, Nomor 4.

Sianipar, M. (2017). “Pengaruh Potongan Harga terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Indomaret Jamin Ginting Padang Bulan”. Jurnal Pengembangan Humaniora, Volume 13, Nomor 1, (hlm. 73-79).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (12 th ed). Bandung: Alfabeta.

Sutisna, (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Yogyakarta: Andi.

Wulandari, R. D. dan D. A. Iskandar. (2018). “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik”. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, Volume 3, Nomor 1, (hlm. 11-18).

Yazid. (2008). Pemasaran Jasa dan Konsep Implementasi. Yogyakarta: Ekosia Kampus Fakultas Ekonomi UII.

Yuliviona, Reni, dkk. (2017). “Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan pada Pusat Oleh-Oleh Bani Rawi di Kabupaten Tanah Datar”. Menara Ekonomi, Volume 3, Nomor 6, (hlm. 7-19).

Downloads

Published

2023-01-02

Issue

Section

Articles