Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada UMKM Gegaen Lima Craft Desa Sudaji

Authors

  • Kadek Ayu Dani Suprianti Undiksha
  • Komang Endrawan Sumadi Putra

Keywords:

kualitas produk, harga, minat beli, product quality, price, buying interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli baik secara simultan maupun parsial pada UMKM Gegaen Lima Craft Desa Sudaji. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian kausal dengan populasinya adalah konsumen yang berminat membeli produk kerajinan tangan di UMKM Gegaen Lima Craft Desa Sudaji. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 120 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik analisis datanya adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada UMKM Gegaen Lima Craft; (2) kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli pada UMKM Gegaen Lima Craft; (3) harga berpengaruh signifikan dan negatif terhadap minat beli pada UMKM Gegaen Lima Craft.

References

Anum, F. dan M.M. Badau. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Official Store Emina Di Shopee”. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 5, Nomor 1 (hlm. 137-145).

Ariyanto, A.K. dan Ginanjar Rahmawan. 2021. “Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Masyarakat Terhadap Smartphone Merk Cina”. Volume 3, Nomor 2 (hlm. 117-127).

Caniago, A. dan A.E. Rustanto. 2022. “KUALITAS PRODUK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM DI JAKARTA (STUDI KASUS PEMBELIAN MELALUI TOKOPEDIA)”. Journal Of Management Small and Medium Enterprises (SME’s). Vol 15, No 3 (hlm. 367-378).

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Pemerintah Provinsi Bali. 2022: Data Keragaan UMKM Provinsi Bali. Tersedia pada https://diskopukm.baliprov.go.id/data-dan-informasi/data-umkm/ (diakses pada tanggal 17 Oktober 2023).

Ediyanto dan Minullah. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Listrik Pada Dealer CV Jaya Terang Di Situbondo”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 21, Nomor 2 (hlm. 473-492).

Firmansyah, M.A. 2018. PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Ganardi, K. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Nusantara Mart Gendingan Tulungagung”. JEKOMBIS. Volume 1, Nomor 3 (hlm. 34-38).

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Prpgram IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasman. D.J. Abdillah dan M. Yusuf. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Marketplace Lazada”. Jurnal Economina. Volume 2, Nomor 9 (hlm. 2274-2293).

Kotler dan Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition, Edition Person Education: Inc.

Kotler, P., K.L. Keller dan A. Chernev. 2022. Marketing Management, Global Edition, 16/E. New York: Pearson Education Limited.

Muniarty, P., D. Saputri, Aprianti, D. Arisandi, P.W. Ikasanti, T. Wahyuni. “Pengaruh Harga & Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Masyarakat”. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Vol 14, No 1 (hlm. 91-102).

Sabaruddin, R,, R.A. Adawiah dan V. Muldani. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen PT. Mahkota Sukses Indonesia (Studi Kasus pada Konsumen PT. Mahkota Sukses Indonesia di Parepare)”. Jurnal Kewarganegaraan. Vol 6, No 3 (hlm. 5926-5934).

Saputra, H., B. Muhazirin dan H.P. Panjaitan 2021. “THE EFFECT OF BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY, QUALITY OF SERVICE, PRICE PERCEPTION AND PLACE ON CONSUMER BUYING INTEREST IN SIDO KANGEN BAKSO PEKANBARU”. Jurnal Bisnis Terapan. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 48-61).

Sasongko, D. 2020. UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Tersedia pada https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html (diakses pada tanggal 16 Ontober 2023).

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Ulyah, CA., Salfadri dan R. Hadya. 2021. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI PRODUK ALAT-ALAT KESEHATAN PADA PT. TIRTA MEDICAL INDONESIA CABANG PADANG”. Jurnal Matua. Volume 3, Nomor 2 (hlm. 418-430).

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles