Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda PCX pada Masyarakat di Kecamatan Negara
DOI:
https://doi.org/10.23887/pjmb.v3i2.31320Kata Kunci:
Pengaruh, Kualitas Produk, Desain Produk, Ketetapan PembelianAbstrak
Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan desain produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda PCX. Sampel riset ditentukan melalui teknik purposive sampling sebanyak 180 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis uji “t” dan uji “F”. Hasil riset ini menunjukkan bahwa (1) kualitas produk dan desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketetapan pembelian. (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketetapan pembelian. (3) desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketetapan.Referensi
Achidah, N., Warso, M. M., & Hasiholan, L. B. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio GT Di Weleri-Kendal). Journal of Management, 2(2). https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/563
Keller, K. L. 2010. Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity, International Edition. New Jersey: Pearson Education.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2015). Prinsip-prinsip Marketing, Edition 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Maindoka, Filia, dkk.2018.”Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, Vol.6, No 3, hal:1518-1527
Maindoka, Filia. dan Kevin Lane Keller. 2009. ManajemenPemasaran, Edisi 13. New Jersey: Pearson Education Inc. Upper Saddle River.
Novansa, Ali. 2017. “ Purchase Decision Model: Analysis of Brand Imgae, Brand Awarness and Price (Case Sudy SMEO Indonesia SME, product). Saudy jurnal of Humanities and social Sciences. Vol.2. No. 8.
Rosnani. (2016). Riset Marketing dan Perilaku Pengguna. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
Saidani, B., Rachman, M. A., & Rizan, M. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur. JRMSI: Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(2). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/786
Sangadji, Sopiah. 2013. Customer Behavior: prilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Simamora, Kusmiyati. 2017. ‘’ Pengaruh Desain Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Teh Botol Sosro dengan Kualitas Produk sebagai Variabel moderating”. Jurnal online internasional & nasional. Vol.20. N0.1
Stanton, W. J. (2016). Prinsip Marketing Edisi Ketujuh, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2016). Metode Riset Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2008). Manajemen Jasa, Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2014). Strategi Marketing. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2016). Marketing Jasa-Prinsip, Penerapan dan Riset. Yogyakarta: Andi.
Wadana, Firman Yogi. 2015, “Analisis Pengaruh Kualitas, Desain dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian AQUA (Survey pada Konsumen AQUA di Desa Mojoroto Kota Kediri Tahun 2015)”. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Wardaya, Y. (2015). Pengaruh Rancangan Komoditas, Mutu Komoditas dan Promosi terhadap Ketetapan Pembelian Komoditas pada Chargerity Clothing Kota Kediri. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Yusup, M. (2011). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Mutu Komoditas dan Layanan Purna Jual terhadap Ketetapan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro Semarang). Skripsi Universitas Diponogoro.