Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Kain Endek di Kabupaten Buleleng

Penulis

  • I Made Wira Cahyadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v3i2.31904

Kata Kunci:

kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan pelanggan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan kain tenun endek di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian kuantitatif kausal. Sampel dalam penelitian ini ditentukan melalui teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 105 responden. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan (3) kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Referensi

Adi, Albertus Ferry Rostya dan Yoestini. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Waroeng Spesial Sambel Cabang Lampersari Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Bauran, P., Terhadap, P., & Dan, K. (n.d.). Influence of Marketing Mix Satisfaction and Loyalty Products Customers. 115–124.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jihan, N., & Made, S. I. (2018). Analisis pengaruh kualitas layanan, harapan kinerja dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Diponegoro Journal ofManagement,7(1984),8. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/22339

Kotler, Philip. 1999. Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan Edisi Kedua. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip. 2011. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia

Tanuwijaya, Melissa. 2013. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pipop Copy”. Jurnal NeO-Bis Volume 7 No 1. Fakultas Entrepreneurial Business Universitas Ciputra.

Ok, Sokchan dkk. 2018. Customer Satisfaction and Service Quality in the Marketing Practice: Study on Literature Review.

Parasuraman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Valarie A. 1988, “SERVQUAL: AMultiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing, Vol;.64.

Rahman, Bobby Aditya, dkk. 2015. “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perjalanan Umrah pada PT. Dago Wisata Internasional”. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Bandung.

Rosfitasari, Erry. 2015. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan SPBU Pertamina Retail di Samarinda NO.61.751.02 Karang Asam. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman.

Siwantara, Wayan. 2011. Pengaruh Nilai pelanggan Terhadap Kepuasan dan Lotalitas Pelanggan Serta Kinerja Customer Realationship Management (Studi Pada Halo Corporation PT. Telkomsel Bali). Jurnal Bisnis danKewirausahaan. 7 (3). h: 150-161.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Afabeta

Sugiyono. 2010. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Afabeta

Widjoyo, Iksan Ongko dkk. 2013. "Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Layanan Drive Thru McDonald”s Basuki Rahmat di Surabaya". Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 1. Program Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra.

Yuriansyah, Auli. 2013 “ Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Nilai Produk, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna bus PO. Muji Jaya Jepara di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Diterbitkan

2022-01-30

Terbitan

Bagian

Articles