Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Yang Coffee Singaraja
Kata Kunci:
kepuasan konsumen, kualitas pelayanan, kualitas produkAbstrak
Riset ini memiliki tujuan untuk menganalisis peranan dari kualitas produk dan kualitas pelayanan baik secara simultan maupun parsial kepada kepuasan konsumen di Kedai Yang Coffee Singaraja. Adapun rancangan riset yang dipakai yakni riset kuantitatif kausal. Dengan cara menentukan sampel melalui tekni non-probability sampling dan purposive sampling. Banyaknya sampel yang dipakai yakni 130 responden. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data yakni metode kuesioner serta memakai teknik analisi data yakni analisis regresi linier berganda. Adapun hasil dari resit ini yakni: (1) Kualitas Produk dan kualitas pelayanan berperan signifikan kepada kepuasan konsumen di Kedai Yang Coffee Singaraja. (2) Kualitas produk berperan positif signifikan kepada kepuasan konsumen di Kedai Yang Coffee Sngaraja. (3) Kualitas pelayanan berperan positif signifikan kepada kepuasan konsumen di Kedai Yang Coffee Singaraja.
Referensi
Anshori, Yusak dan Langner, Viviane. 2007. The Importance of Customer Satisfaction and Supreme Service Provision in The Hotel Industry: A Case Study of Surabaya Plaza Hotel. Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol. 3, No. 1, p.18-25
Basith, Abdul, Srikandi Kumadji dan Kadarisman Hidayat. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 11 (1), 1- 8.
Gilbert, G, R., & et, a. (2004). Measuring Customer Statisfaction in The Fast Food Industry : A cross-nation Approach. The Journal of Service Marketing, 18.
Kasali, Rhenald. (2010). Manajemen Public Relations.
Keegan, Warren J,. 2007. Manajemen Pemasaran Global. Edisi
Keenam. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Kivela, J.J., and Crotts, J.C. (2009).“Understanding travelers experiences of gastronomy through etymology and narration”. Journal of Hospitality & Tourism Reseach, Vol.33(2), pp.161-192.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Mustikasari, A. (2020). Analisis Pengaruh Kuantitas Produk dan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Food Court UNY). Jurnal Dinamika Teknin. Volume VIII.
Nasution, M. N. (2011). Manajemen mutu terpadu. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265289.
Rachman, Arif dkk. 2017. Strategi Kepuasan Konsumen Yang Berdampak Minat Beli Ulang Melalui Bauran Pemasaran, Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Pada PT. Intertobacco Utama Industry Kudus. Journal Of Management Volume 3.
Saraswati, P., Kumadji, S., & Abdilah , Y. 2014. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Coffee Shop Starbucks Di Surabaya Dan Kuala Lumpur) . Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 14 No. 1 .
Sawitri, Ni Putu, Ni Nyoman Kerti Jasa dan Abdulah Jawas. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Tegal Sari Accomodation di Ubud. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. 7 (1), 40-47.
Sokchan dkk. 2018. Customer Satisfaction and Service Quality in the Marketing Practice: Study on Literature Review. Journal Asian Themes in Social Sciences Research, licensee Knowledge Press. USA. SSN: 2578-5516 Vol. 1, No. 1, pp. 21-27
Susanti, Neneng dan Jasmani. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Mitra 10 Depok. Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Administrasi Perkantoran. Volume 5, 75-84.
Tjiptono, Fandy & Candra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offset. Edisi Kedua.
Tjiptono, F. 2018. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Yu, H., & Fang, W. 2009. Relative Impacts From Product Quality, Service Quality, and Experience Quality on Customer Perceived Value and Intention To Shop For The Coffee Shop Market. Journal Total Quality Management and Business Excellence 1273-1285. Diakses pada: https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/14783360802351587.