Pengaruh Kualitas Produk dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Busana Adat Bali Yasa Indah Collection Cabang Pekutatan

Penulis

  • Ni Putu Manik Nataliani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kualitas produk, nilai pelanggan, loyalitas pelanggan

Abstrak

Studi ini dilakukan untuk melihat pengaruh kepuasan produk dan nilai terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh kualitas terhadap loyalitas pelanggan, dan pengaruh biaya konsumen terhadap loyalitas konsumen pada toko pakaian konvensional Bali Yasa Indah Collection, departemen Pekutatan. Layout penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah layout penelitian kuantitatif kausal. Penduduk yang melihat ini pernah menjadi pelanggan pakaian adat Bali kecuali koleksi Yasa Indah di cabang Pekutatan. Teknik penentuan pola penggunaan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 orang. Catatan telah diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner untuk memperoleh statistik tentang kualitas produk, nilai pelanggan, dan loyalitas pembeli. analisis statistik penggunaan beberapa analisis regresi linier. Hasilnya menegaskan bahwa: (1) produk hebat dan biaya pelanggan memiliki efek yang luar biasa pada loyalitas klien, (2) produk unggulan memiliki kualitas tinggi dan dampak yang cukup besar pada loyalitas konsumen, dan (3) nilai pelanggan memiliki efek yang luar biasa dan luas pada oyalitas pelanggan Toko Busana Adat Bali Yasa Indah Collection Cabang Pekutatan.

Referensi

Ayu Puspita, Dicka & Sulistyawati Eka. (2018). Persepsi Nilai Pelanggan Memidiasi Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Berbelanja Online. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.7, No.5, 2018: 2353-2379. ISSN: 2302-8921.

Anggraeni Dita, dkk. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 37, No. 1.

Asmara, I Made.Yuda. (2020). “Perkembangan Busana Adat Kepura Bagi Remaja Hindu Dalam Era Globalisasi” (Perspektif Tri Kerangka Dasar Agama Hindu). Tersedia pada http://imadeyudasmara.wordpress.com (diakses tanggal 25/10/2020).

Choiriah Eka, Ni’matul & Liana Lie. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi pada pelanggan sepeda motor Honda di Kota Semarang). Isu-isu riset Bisnis dan Ekonomi di Era Disrupsi: Strategi Publikasi di Jurnal Bereputasi. ISSN: 2443-2601.

Damayanti, Cintya & Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, Vol.4, No.3. ISSN: 2252-6552.

Fadli, Faisal. Mochammad. (2017). Pengaruh Orang, Proses, Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Prudential Life Assurance Pontianak. Vol.7, No.1. ISSN: 0261-4337. E-ISSN: 2581-0340.

Hami Moch, Lutfi, dkk. (2016). Analsis Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei pada pengguna sepede motor Honda Vario all variant di service center Honda AHASS Suksma Motor Jalan Sigura-gura Barat Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.39, No. 1.

Heriani, Ni Made.Merlina Dwi & Wardana, I Putu.Putrayana. (2018). Perkembangan Busana Adat Kepura Hindu Bali Dalam Era Globalisasi. Acarya Pustaka. Vol.5, No.1.

Maulana Aan, dkk. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Es Mahkota Di Kota Palu ( Studi pada pelanggan Es Mahkota). Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, Vol.3, No.1. ISSN: 2443-3578 (Online). ISSN: 2443-1850 (Print).

Munisih, Siti & Euis. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Apotek Dela Semarang. Kinerja Perbankan, Bisnis dan Ekonomi Indonesia Menghadapi Asean Economic Community.

Novianti, dkk. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume VIII, No.1. ISSN: 2088-1231. E-ISSN: 2460-5328.

Parman & Susanto. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Waroeng Spesial Sambal. Jurnal JBTI, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Vol.7 No.1.

Syah Tantri Yanuar Rahmat. (2013). Perbedaan Pengaruh Citra Merek dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kualitas Produk, Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan di Pasar Bisnis. Jurnal Ekonomi, Volume 4, Nomor 2

Saputra, dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Nilai Bagi Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan My Kopi. Journal of Marketing Modern, Volume 1, Issue 1, pp. 21-33.

Triyono Suryo, dkk. (2020). The Effect of Product Quality and Customer Value on Customer Satisfaction and Loyality of Credit in PD. BPR of Bank Daerah Sukoharjo. Jurnal Ekonomi dan Perbankan, Vo.5, No.1. ISSN: 2579-5597 (Online). ISSN: 2252-7885 (Cetak).

Wirawan, dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffe di Kabupaten Bone. Issue 1 (Agustus, 2019); 15-26.

Diterbitkan

2022-05-16

Terbitan

Bagian

Articles