Keputusan Pembelian Mobil Avanza Pada PT Agung Automall Cabang Singaraja
Kata Kunci:
desain produk, keputusan pembelian, kualitas produkAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian mobil avanza pada PT Agung Automall Cabang Singaraja baik secara simultan maupun parsial. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik probability sampling berupa simple random. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden, instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas produk dan desain produk berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian mobil avanza pada PT Agung Automall Cabang Singaraja.
Referensi
Anastasia, Ulva dan Yulia, Nurendah. (2014). “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 181-190).
Ariella, Irfan Rizqullah. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 3, Nomor 2.
Assauri. (2004). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Rajawali Press, Jakarta.
Basrah Saidani, M. Aulia Rachman, Mohamad Rizan. (2013). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur”. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Volume 4, Nomor 2.
Brata, Baruna Hadi. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Nitchi Di PT Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat”. Saudi Journal of Business and Management Studies, Volume 6, Nomor 3 (hlm. 2415-6671).
Budiyanto, T. (2016). “Strategi Promosi, Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Mereferensikan Rumah Pada Puri Camar Liwas PT Camar”. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 16, Nomor 4, (hlm. 488-500).
Gerung, Christy Jacklin. antje Sepang, Sjendry Loindong. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT Wahana Wirawan Manado”. Jurnal EMBA. Volume 5, Nomor.2, (hlm. 2221-222).
Heizer, Jay dan Barry, Render. (2012). Manajemen Operasi, Diterjemahkan oleh Chriswan Sungkono. Edisi Kesembilan. Jakarta: Salemba.
Japarianto, Edwin. (2006). “Analisis Pembentukan Disonansi Kognitif Konsumen Pemilik Mobil Toyota Avanza”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Volume 1, Nomor 2, (hlm. 81-87)
.
Khadijah, Susan Novitasari dan Alimatul Khuzaimah. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tas Sophie Martin Pada Business Centre Umi Sutindarwati Gresik”. Jurnal Fakultas Ekonomi Gema Ekonomi, Volume 06, Nomor 02.
Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. (2009). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta, Erlangga.
Kotler, Philip. dan Keller, Kotler (2009). Pemasaran Managemet. Edisi 12. Indeks. Jakarta.
Pardede, Ratlan dan Tarcicius Yudi Haryadi. (2015). “Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen”. Journal of Business & Applied Management, Volume 10, Nomor 1.
Pratiwi, Agustin. (2013). “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Bangkalan, Universitas Trunojoyo Madura.
Samli, A., Coskun., Weber, Juli Ann, E. (2000). “A Theory of Successful Product Breakthrough Management”. Journal Of Product & Brand Management, Volume 9, Nomor 1, (hlm. 35-55).
Schiffman, Leon G and Kanuk, Leslie, Laser. (2010). Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. Indeks, Jakarta.
Soedjono, Tegowati, & Wininatin Khamimah. (2019). “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi, Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusanpembelian Konsumen”. Accounting And Managemen Journal, Volume 3, Nomor 1.
Soewito, Yudhi. (2013). “Kualitas Produk, Merek Dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio”. Jurnal EMBA Volume 1, Nomor 3.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung.
Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Widiartana Kadek Bayu Manditha. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza Pada PT Agung Automall Cabang Negara. Tugas Akhir (tidak diterbitkan). Jurusan manajemen, UNDIKSHA Singaraja.
Widyastuti, Sri. (2017). “Pertimbangan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga SPECS melalui Brand Image, Desain Produk dan Persepsi Harga”. International Journal of Supply Chain Management.Int. J Sup.Rantai. Mgt Volume 6.