Gaya Hidup, Harga, dan Keputusan Pembelian Spotify Premium
Kata Kunci:
gaya hidup, harga, keputusan pembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari variabel gaya hidup dan harga baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian paket premium pada pengguna layanan streaming musik digital Spotify. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif kausal. Pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probablity sampling yaitu purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan angket kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa: (1) gaya hidup dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian paket premium Spotify di masa pandemi COVID-19. (2) gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian paket premium Spotify di masa pandemi COVID-19. (3) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian paket premium Spotify di masa pandemi COVID-19.Referensi
Assauri, S. (2013). Manajemen pemasaran : dasar, konsep, dan strategi. Jakarta : Rajawali Pers.
Auliana, F. & Trioda, E. (2019). Pengaruh perceived value spotify terhadap kepuasan pelanggan (studi pada mahasiswa di wilayah bandung raya). Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. Vol. 10. No. 1. 26(54)-8654.
Cindy, L. & Muliandi, M. R. (2020). Pengaruh gaya hidup, harga, promosi, citra merek, dan viral marketing terhadap keputusan pembelian (studi kasus: penggunaan aplikasi airyrooms). Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 2. No. 9. 26(84)-653.
Ferdinand, A. (2013). Metode penelitian manajemen. Edisi 2. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Frendy, G. (2011). Metode penelitian untuk bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Edisi 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Giovinda, F., Ridwan, H., & Pusporini, P. (2020). Analisis pengaruh harga, promosi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada tiket.com. Prosiding BIEMA. Vol. 1. No. 2. 2(87)-795.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga.
Kunst, Alexander. (2020). Statista insight : digital music purchases in indonesia 2020. Diakses pada 20 Desember 2020, dari http://www.statista.com/forecasts/823405/spending-money-on-digital-music-content-in-indonesia.
Manus, F. W. & Lumanauw, B. (2015). Kualitas produk, harga, dan kualitas layanan, pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal EMBA. Vol. 3. No. 2. 23(3)-1174.
Mowen, J. C. & Minor, M. (2012). Consumer behavior. Edisi 5. Pearson : Prentince Hall.
Pusparisha, Yosepha. (2021). Layanan musik digital kian laku : pengguna spotify terus bertambah. Diakses pada 20 Desember 2020, dari : http://databoks.katadata.co.i/datapublish/2021/03/21/layanan-musik-digital-kian-laku-pengguna-spotify-terus-bertambah.
Pagestu, W. (2019). Pengaruh faktor gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian layanan premium aplikasi streaming musik spotify (studi kasus pada mahasiswa universitas islam negeri sultan syarif kasim riau). Skripsi. Riau : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Primantari, A. A, & Purnami, N. M. (2017). Pengaruh promosi, gaya hidup, dan persepsi harga terhadap keputusan penggunaan taksi online blue bird. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi. Vol. 23. No. 2. 3(01)-8291.
Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2010). Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta : Indeks.
Sekaran, U. & Roger B. (2016). Research method for business : a skill building approach. Edisi 17. Chichester : Wiley.
Setyarko, Y. (2016). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk secara online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. Vol. 5. No. 2. 22(52)-626.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Spotify News Room. (2020). 6 Features to ‘unwrap’ in your spotify 2020 wrapped. Diakses pada 18 Desember 2020, dari : http://newsroom.spotify.com/2020-12-01/6-features-to-unwrap-in-your-spotify-2020-wrapped.
Survei APJII. (2020). Laporan Survei internet indonesia APJII 2019-2020 (Q2). Diakses pada 25 November 2020, dari : https://www.apjii.or.id/survei/2020/laporan-survei-internet-apjii.pdf.
Saputra, I. P. A. W. (2019). Perilaku konsumen game online yang dipengaruhi oleh gaya hidup, kelompok acuan dan nilai pelanggan (studi pada mahasiswa administrasi bisnis unila). Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Sutantri, R. N. (2019). Analisis pengaruh gaya hidup, kemudahan, kelompok referensi dan harga terhadap keputusan pembelian tiket bioskop menggunakan aplikasi tix.id di kota pontianak. Jurnal Manajemen Update. Vol. 8. No. 3. 32(47)-8065.
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran jasa : Prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta : Andi.
Uqdi, A. N. & Rachmi, A. (2018). Pengaruh kelompok referensi dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan aplikasi pemutar musik online spotify (studi kasus pada mahasiswa program studi d-iv manajemen pemasaran jurusan administrasi niaga politeknik negeri malang). Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol. 4. No. 1. 24(07)-374.
Zebua, Ferdinand. (2018). Laporan dailysocial : survei layanan streaming musik 2018. Diakses pada 5 November 2020, dari : https://dailysocial.net/post/laporan-dailysocial-survei-layanan-streaming-musik-2018.