Faktor-faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian Secara Online di Bukalapak pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha
Kata Kunci:
advantage factor of purchasing decision, purchasing decisionsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian secara online di Bukalapak (2) faktor yang paling dominan dalam menentukan keputusan pembelian secara online di Bukalapak. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dilanjutkan dengan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik penentuan sampel yaitu sampling proposional. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 231 responden dan dianalisis menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian secara online di Bukalapak adalah faktor keunggulan keputusan pembelian, faktor produk dan marketing mix, faktor sosial, dan faktor budaya. (2) faktor yang dominan menentukan keputusan pembelian secara online di Bukalapak adalah faktor keunggulan keputusan pembelian yang terbentuk dari faktor kepercayaan, keamanan, kenyamanan, kemudahan, dan resiko.
Kata kunci: faktor keunggulan keputusan pembelian, keputusan pembelian
Abstract
This study was aimed to examine (1) the factors that determine online purchasing decisions at Bukalapak, (2) the most dominant factor in determining online purchasing decisions at Bukalapak.The design of the study was quantitative research. The data was collected using a questionnaire followed by sampling with purposive sampling technique. The sampling technique is proportional sampling. The samples of this study are 231 respondents and tho so are analyzed by using factor analysis. The result of the study showed that (1) the factors that determine online purchasing decisions at Bukalapak is advantage factor of purchasing decision, product and marketing fix factor, social factor and culture factor, (2) the most dominant factor in determining online purchasing decisions at Bukalapak is advantage factor of buying decision which formed from factor of trust, security, comfort, convenience and risk.
Key words: advantage factor of purchasing decision, purchasing decisions
Referensi
Adams, H & Searle, L. (Eds.). 1992. Critical theory since Plato (p. 70). New York: Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.
Adi, Pramono Hari. 2014. “Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Jejaring Sosial Facebook”. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Volume 2, Nomor 2 (hlm.115).
Agustini, Ni Kadek Devi Aprilia. 2017. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Volume 9, Nomor 1.
Davis, F. D. 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.
Davis, Ralph E & Stretton, A. O. 1989. “Signaling properties of Ascaris motorneurons: graded active responses, graded synaptic transmission, and tonic transmitter release”. Journal of Neuroscience, 9(2), 415-425.
Edwar, Muhammad, dkk. 2018. “The Factors that Affecting the Product Purchasing Decision Through Online Shopping by Students of Surabaya State University”. International Journal of Educational Research Review.
Fachmi, Muhammad, dkk. 2019. “Analysis of Factors Affecting Consumer Purchase Decision at Online Shops”. International Journal of Innovative Science and Research Technology. Volume 4, Nomor 3.
Ganapathi, R. 2015. “A study on factors affecting online shopping behavior of consumers in Chennai”. Internatioanl Journal of Business Management, 3(2).
Ghafiki, Rafdi & Retno Setyorini. 2017. “Pengaruh Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian pada Situs Bukalapak.com”. E-Proceeding of Management. Volume 4, Nomor 1.
Kotler, Philip & Armstrong G. 2016. Principles of marketing. 14th Edition. New Jersey: Pearson - Prentice Hall.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip & Garry Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga: Jakarta
Kotler, Philip & Garry Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga: Jakarta.
Lamb, Charles W. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.
Maslow, Abraham H, dkk. 1970. Synergy: Some Notes of Ruth Benedict 1. American Anthropologist, Volume 72, Nomor 2 (hlm.320-333).
Sari, Putri Eka. 2015. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen pada Pembelian Produk-Produk Online Shop”. (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara) [Skripsi]. Departemen Administrasi Bisnis.
Santoso, Singgih. 2004. Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS Versi 11.5. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Schiffman, Leon G & Kanuk, Leslie L. 2004. Consumer Behavior Eighth Edition: International Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Supriyono & Dibyo, I. 2015. “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Individu dan Psikologis terhadap Keputusan Konsumen Membeli di Indomaret”. Journal Kelola, Volume 2, Nomor 3 (hlm.74-75).
Telagawathi, Ni Luh W.Sayang, dkk. 2019. “Pendampingan dan Pelatihan Perajin Tenun Cepuk di Nusa Penida Kabupaten Kelungkung”. Jurnal Widya Laksana, Volume 8, Nomor 2.
Wardoyo, W & Intan Andini. 2017. “Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Mahasiswa Universitas Gunadarma”. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Volume 19, Nomor 1.
Wijaya, Evelyn & Warnadi Warnadi. 2019. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online di shoope: Dampak dari E-commerce”. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume 7, Nomor 2 (hlm.152-164).