Analisis Determinan yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha UMKM Sektor Perdagangan Bidang Fashion di Kota Denpasar
Kata Kunci:
Penggunaan Informasi Akuntansi, E-commerce, Pemahaman Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Keberhasilan UsahaAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi, E- commerce Pemahaman Akuntansi, dan Tingkat Pendidikan terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Sektor Perdagangan di bidang Fashion di Kota Denpasar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif kausalitas, menggunakan data dari data kuesioner yang diukur dengan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Seluruh UMKM Sektor Perdagangan Bidang Fashion di Kota Denpasar yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar total populasi 8.141unit UMKM. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, dalam penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah UMKM sektor perdagangan bidang fashion di kota Denpasar yang sudah menjalankan usahanya lebih dari 1 tahun. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 24.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan informasi akuntansi, e-commerce, pemahaman akuntansi, dan tingkat pendidikan berpengaruh positif terhadap keberhasilan usaha UMKM
Referensi
Bee, A., & Christian, G. (2016). Peran Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Menunjang Keberhasilan Usaha Role Of The Use Of Accounting Information In Decision Making To Support Business Success.
Bintoro, E. (2019). Pengaruh Pengalaman, Penggunaan Informasi Akuntansi dan Tingkat Pendidikan terhadap Keberhasilan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Industri Di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. 04(01), 92–102.
Dewi, Eka Dianita M & Hendra Mardinata. (2018). Akuntansi Koperasi dan UMKM.
Ermalina, E. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Oleh Pengusaha Mikro-Kecil Di Kecamatan Ciputat. Liquidity, 2(1), 66–72. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.131
Fella, F., Kristianti, I., & Kristianti, I. (2020). Proses Suksesi Dan Pemahaman Akuntansi Pada Keberhasilan Bisnis Keluarga. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.21831/nominal.v9i1.29933
Istinganah, F. N. (2019). Jurusan pendidikan ekonomi fakultas ekonomi universitas negeri semarang 2019.
Julyanda, I. (2018). Pengaruh Jenjang Pendidikan , Ukuran Usaha , Lama Keberhasilan Usaha ( Studi Kasus Pada Ukm Di Pik Pulogadung ). 5(1).
Kurniawati, Elisabeth P., & dkk. 2012. Penerapan Akuntansi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JMK, Vol 10 No. 12.
Lazuardi, Y., & Salam, F. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 19(1), 1–10. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jiap/article/view/11808
Nasri, Fadilla Darma. 2020. Pengaruh Penerapan E-commerce terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Skripsi. FEB. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Bengkulu.
Ningsih, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Akuntansi Ekonomi, 14–15.
Nugroho, A. Y. A., Katolik, U., & Atma, I. (2013). Sumber Daya Perusahaan Dalam Teori Resource-Based View. Jurnal Administrasi Bisnis Unpar, 9(1). https://doi.org/10.26593/jab.v9i1.434.
Nurwani, N., & Safitri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi pada Sentra Dodol di Kec. Tanjung Pura). Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(1), 37–52. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.3332
Prameswari, D. (2017). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi, 2017(1), 261–289. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/29797
Safitri, A. (2018). Terhadap Keberhasilan Usahakecil Menengah ( Studi Pada Sentra Dodol di Kec . Tanjung Pura ). In Universitas Sumatera Utara.
Saputra, A. R., Nuryanti, B. L., & Utama, R. D. H. (2019). Pengaruh Electronic Commerce Terhadap Keberhasilan Usaha Di Kawasan Tekstil Cigondewah Kota Bandung. Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 18(2), 81. https://doi.org/10.17509/strategic.v18i2.17596
Suarmawan, K. A. (2015). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (Studi pada Usaha Kerajinan Ingka di Desa Bulian, Kec. Kubutambahan). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 5(1), 1–10.
Sulistyorini, P., Royanti, I. N., & Yunianto, E. (2017). Pengaruh Adopsi E-commerce terhadap Keberhasilan Usaha. https://jurnal.pekalongankota.go.id/index.php/litbang/article/download/87/84
Suryana. 2011. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Wulandari, Maslichah, & Sudaryanti, D. (2020). Pengaruh E-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pengambilan Keputusan dalam Berwirausaha di Sanggam Mart Kabupaten Balangan. E-Jra, 09(02), 47–57. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/download/6185/5089