Pengaruh Citra Merek dan Kemudahan Penggunaan yang Dirasakan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Tokopedia
Kata Kunci:
citra merek, kemudahan penggunaan yang dirasakan, keputusan pembelianAbstrak
Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kemudahan penggunaan yang dirasakan terhadap keputusan pembelian produk pada marketplace Tokopedia d Kota Singaraja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal dimana pengguna aplikasi Tokopedia di Kota Singaraja sebagai subjek penelitian, citra merek dan kemudahan penggunaan yang dirasakan sebagai objek penelitian. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 130 responden dengan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan metode kuesioner selanjutnya akan dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Kemudahan penggunaan yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Citra merek dan kemudahan penggunaan yang dirasakan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sumbangan pengaruh sebesar 66,7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Referensi
Alrubaiee, L., Alshaibi, H., & Al-bayati, Y. (2012). Relationship between B2B e-commerce benefits, e-marketplace usage and supply chain management. Global Journal of Management and Business Research, 12(9).
Amron, A. (2018). The influence of brand image, brand trust, product quality, and price on the consumer’s buying decision of MPV cars. European Scientific Journal, 14(13), 228-239.
Candra, W. A. H. Y. U. (2019).Pengaruh Kemudahan, Keamanan, dan Citra Tokopedia Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Jual Beli Online Tokopedia (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).
Davis, F., Bagozzi, R.P. and Warshaw, P.R. (1989), User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models, Management Science, 35, 8, 982-1003.
Hansen, K. and Olsen, S.O. (2007). Impulsive Buying Behaviour: The Role of Impulse Buying Tendencies and Convenience Orientation. ANZMAC 2007 Conference.3-5 December 2007, New Zealand. pp. 2199-2205
Iriani, S. S., & Andjarwati, A. L. (2020). Analysis of perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived risk toward online shopping in the era of Covid-19 pandemic. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(12), 313-320.
Khristiana, Y., & Octaviani, A. (2019). Pengaruh Keputusan Pembelian Melalui Online Shopping Pada Mahasiswa STIE AUB Surakarta. EXCELLENT, 6(1), 29-36.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Terjemahan oleh: Bob Sabran,
Latunreng, W. (2021). The Effect of Brand Image and Ease of Use on the Decision to Purchase Bus Tickets Online at the Cengkareng Suspension Bridge Agent, West Jakarta. Majalah Ilmiah Bijak, 18(1), 100-108.
Lestarie, N. A., Budianto, A., & Prabowo, F. H. E. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 194-200.
Nasution, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.
Putra, F. F., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Bukalapak. eProceedings of Management, 7(3).
Putri, T. A., Marwan, M., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik La Tulipe Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 734-743.
Solihin, S., & Zuhdi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 13-22.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Suleman, D., & Zuniarti, I. (2019). Consumer Decisions toward Fashion Product Shopping in Indonesia: The effects of Attitude, Perception of Ease of Use, Usefulness, and Trust. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 7(2), 133-146.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Media Online:
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/17/bukan-shopee-tokopedia-juara-e-commerce-terpopuler-kuartal-ii-2021 (diakses pada 5 Oktober 2021)
Top Brand Index, https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/ (diakses pada 14 September 2021)