Peran Citra Merek dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Citra Hand and Body Lotion
Kata Kunci:
citra merek, keputusan pembelian, kualitas produkAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) kualitas produk terhadap keputusan pembelian, (2) kualitas produk terhadap citra merek, (3) citra merek terhadap keputusan pembelian, (4) kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek pada produk citra hand and body lotion. Objek penelitian ini berfokus pada variabel kualitas produk, citra merek, dan keputusan pembelian. Subjek dalam penelitian ini yaitu konsumen produk citra hand and body lotion di Desa Patas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 150 orang dengan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis), dan disertai dengan uji VAF. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) kualitas produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) kualitas produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, (3) citra merek memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) citra merek mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian.
Referensi
Indrasari, D.M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Jawa Timur : Unitomo Press.
Lubis, A. A. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis,Volume 16, Nomor 2 (Hlm 1-11)
Muliasari, D. (2020). The Effect of Product Price and Product Quality on Purchasing Decisions for Samsung Brand Handphones Among STIE AAS Surakarta Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 3(04) (Hlm 501-506)
Nasution, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.
Nuraini, A. (2015). Pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek pada kosmetik wardah di kota semarang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG). Manajemen analisis jurnal, Volume 4, Nomor 2 (Hlm 171-179)
Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. Diponegoro Journal of Management, Volume 7, Nomor 2 (Hlm 139-149)
Putra, E. I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Xpander (Studi Kasus Pada Pt. Srikandi Diamond Indah Motors Surabaya Cabang Panglima Sudirman) (Doctoral Dissertation, Stiesia Surabaya), Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 10, Nomor 1 (Hlm 1-16)
Qomariah, N. (2021). Pentingnya Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung : Studi Pengaruh Customer Value, Brand image, dan Atribut Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Pariwisata Pantai. Jawa Timur L CV. Pustaka Abadi.
Rachmawati, A., & Khuzaini, K. (2019). Pengaruh Harga (Premi), Citra Merek Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), Volume 8, Nomor 4 (Hlm 1-19)
Rosady, R. S., & Kusumawardhani, A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian Produk Sepatu Bata Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, Volume 7, Nomor 2 (Hlm 277-287).
Sanjiwani, N. M. D., & Suasana, I. G. A. K. G. (2019). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6721-6740
Sari, R. L., Mandey, S. L., & Soegoto, A. S. (2014). Citra Merek, Harga Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2) (Hlm 1222-1232).
Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta : PT Indeks
Triyanti, N., & Prastyani, D. (2020). Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer melalui Citra Merek. JCA of Economics, Volume 1, Nomor 2 (Hlm 598-605)