Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone di Kota Singaraja

Penulis

  • Wayan Tasya Kapati Wadhaniah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

citra merek, keputusan pembelian, kualitas produk

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, pengaruh kualitas produk terhadap citra merek dan pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek pada smartphone merek Iphone di Kota Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 128 responden, teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, (4) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan melalui citra merek pada smartphone merek Iphone di Kota Singaraja.

Referensi

Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Anis, Liya Monalisa. 2015. “ Pengaruh Kualitas Produk terhadap International Brand Image serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian ”. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 28 Nomor 2.

Darmajaya, Ida Bagus Dicky dan Tjok Gede Raka Sukawati. 2018. “ Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian ”. Jurnal Manajemen Unud. Volume 7 Nomor 12 ISSN: 2302-8912.

Darmawan, Muhammad Rizky, dkk. 2020. “ Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Raket Yonex ”. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi dan Manajemen Tri Bisnis. Volume 2 Nomor 2.

Darojat, Tubagus Ahmad. 2020. “ Effect of Product Quality, Brand Image and Life Style Against Buying Decision ”. Journal of Management Science (JMAS). Volume 3 Nomor 2 e-ISSN: 2684-9747.

Hermawan, Kartajaya. 2004. Positioning, Diferensiasi dan Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Juliana, Kadek Edi, dkk. 2018. “ Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat ”. Bisma: Jurnal Manajemen. Volume 5 Nomor 1 P-ISSN: 2476-8782.

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga. Mediaindonesia.com. 2021. Kemenkominfo : 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Tersedia pada https://m.mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone (diakses pada 02 Oktober 2021)

Nabhan, Faris dan Kresnaini Enlik. 2005. “Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dalam Melakukan Pembelian pada Rumah Makan di Kota Batu”. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Volume 6 Nomor 3.

Nurdianto, Dedi dan Tri Yuniati. 2013. “ Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek sebagai Variabel Intervening terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Motor Honda ”. Jurnal Ilmiah dan Riset Manajemen. Volume 2 Nomor 10 Halaman: 1-29.

Rozaili dan Zulkifli. 2019. “ Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha N-Max ”. JRR. Volume 1 Nomor 1 ISSN: 2685-1024.

Sanjiwani, Ni Made Dwi dan Suasana. 2019. “ Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian ”. Jurnal Manajemen Unud. Volume 8 Nomor 11 ISSN: 2302-8912.

Sarwono, Jonathan. 2007. Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta : Andi Offset

Sofyan. 2010. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Suciningtyas, W. 2012. “ Pengaruh Brand Awarness, Brand Image dan Media Komunikasi terhadap Keputusan Pembelian ”. Management Analysis Journal. Volume 1 Nomor 1 Halaman: 1-8.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.

Bogor : Ghalia Indonesia.

Syamsidar, Rizky dan Euis Soliha. 2019. “ Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi pada Banaran 9 Coffee and Tea di Gemawang, Kabupaten Semarang) ”. JBE: Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Volume 26 Nomor 2 ISSN: 1412-3126 (print) ISSN: 2655-3066.

Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Topbrandindex.co.id. 2021 diakses pada 01 Oktober 2021 dari https://www.topbrand- award.com/top-brand-index/

Diterbitkan

2024-07-23

Terbitan

Bagian

Articles