Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah
Kata Kunci:
Brand Image, Celebrity Endorser, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand image dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk Wardah. Desai penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian yaitu mahasiswi Program Studi Manajemen yang melakukan pembelian terhadap produk Wardah. Objek dari penelitian ini adalah brand image, celebrity endorser dan keputusan pembelian. Sampel dari penelitian ini berjumlah 82 responden. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) brand image dan celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk wardah (2) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk wardah (3) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk wardah.
Referensi
Amzy. Ahmad, Nauyoman. Deri, and Zakky. Muhammad (2020). “The Effect of Brand Image and Perception of Products on The Purchase Decisions of Matic Motorcycle in East Belitung”. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 9, No. 1.
Belch, G.E & Belch, M.A. 2004. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Commnunications Perspective the McGraw. New York: Hill/Irwin.
Ferdinand, Augusty. Metode Penelitian Manajemen. 2014. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hasmiati, Ilham Thaief, Muhammad Hasan, Muhammad Dinar, and Rahmatullah (2020). “The Effect of Brand Image and Price on Product Purchase Decisions at the Sewing House Akkhwat Makassar” Pinisi Business Administration Review Vol. 2, No. 2.
Kotler, Keller 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Majeed, Sohail and Razzak, Sana (2011). “The Impact of Television Advertisement Repetition, Celebrity Endorsement and Perceived Quality on Consumer Purchase Decision”. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, Vol.5 No.12.
Munandar dan Chadafi (2016). “Pengaruh Harga, Celebrity Endorser, Kepercayaan, dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Di Media Sosial Instagram”. Jurnal Visioner & Strategis Vol.5, No.2.
Munif, Faisal Soim, Suharyono dan Yusri Abdillah (2016). “Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Kartu Perdana Simpati Di Booth Telkomsel Matos)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 35 No. 1.
Octaviani, C & Kartasasmita, S. (2017). “Pengaruh Konsep Diri terhadap Perilaku Konsumtif pembelian produk Kosmetik pada Wanita Dewasa Awal”. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni Vol. 1, No. 2.
Parengkuan, Valentine, Altje Tumbel dan Rudy Wenas (2014).” Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head and Shoulders Di 24 Mart Manado”. Jurnal EMBA Vol.2 No.3.
Ramadhani, Ira dan Samofa, Prameswara Nadya (2020). “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup”. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA)
Rangkuti, Freddy. 2008. The Power of Brand's. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Schiffman, Leon G, & Leslie Lazar Kanuk. (2008). Consumer Behavior 10th Edition. New York City: Joseph Wisenblit.
Setiadi, N. J., (2003) Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Sonwalkar, J., Manohar K., & Pathak A. 2011. “Celebrity Impact A model of Celebrity Endorsement”. Journal of Marketing and Communication, Vol.7, issue 1.
Sugiyono. 2014. Metodelogi Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Suhaily, Lily and Darmoyo, Syarief (2017). “Effect of Product Quality, Perceived Price and Brand Image on Purchase Decision Mediated by Customer Trust”. Jurnal Manajemen/Volume XXI, No. 02.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset
Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/, diakses pada 7 oktober 2021
ZAP Beauty Indeks 2020. https://zapclinic.com/zapbeautyindex/2020 , diakses pada 20 April 2021.