Pengaruh Kualitas Produk dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Es Krim Aice di Kota Amlapura

Penulis

  • Ni Luh Eka Restu Ayuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

word of mouth, keputusan pembelian, kualitas produk

Abstrak

Peneliti menyelenggarakan penelitian dengan maksud mencari tahu bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh bagian variabel kualitas produk dan bagian variable word of mouth baik itu pengaruh yang memperlihatkan sifat secara simultan maupun secara parsial terhadap bagian variabel keputusan pembelian yang dilakukan pada produk es krim Aice yang terjadi tepatnya di Kota Amlapura. Peneliti mengimplementasikan rancangan penelitian yang memiliki sifat secara kuantitatif kausal. Dalam melakukan suatu penentuan sampel, maka peneliti mengimplementasikan cara atau teknik yang bernama purposive sampling. Kemudian subjek yang diimplementasikan ialah konsumen yang melakukan aktivitas konsumsi es krim Aice di Kota Amlapura dengan adanya suatu pengimplementasian objek ialah adanya bagian variabel kualitas produk, bagian variabel word of mouth dan bagian variabel keputusan pembelian. Banyaknya jumlah sampel yang dipakai ialah mencapai angka 115 responden. Kemudian peneliti menerapkan instrumen dalam aktivitas pengumpulan data berupa sebuah kuesioner dan adanya penerapan sebuah cara atau teknik dalam melakukan analisis data ialah berupa analisis regresi linier berganda.Dari selesainya penyelenggaraan penelitian ini, maka terdapat perolehan hasil penelitian yang memperlihatkan bahwa (1) bagian variabel kualitas produk dan word of mouth memunculkan pengaruh yang bersifat signifikan terhadap keputusan pembelian produk es krim Aice di Kota Amlapura. (2) bagian variable kualitas produk memunculkan pengaruh yang bersifat positif dan bersifat signifikan terhadap keputusan pembelian produk es krim Aice di Kota Amlapura. (3) bagian variable word of mout memunculkan pengaruh yang bersifat positif dan bersifatsignifikan terhadap keputusan pembelian produk es krim di Kota Amlapura.

Referensi

Fariha, Heniar F., dan Lestari, B. 2021. Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Acne Series MS Glow di Kota Malang. JAB. Volume 7, No.1.

Ferdinand, A. 2006. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan disertai Ilmu Manajemen. Semarang:Universitas Diponegoro.

Joesyiana, K. 2018. Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Media Online Shop Shopee di Pekanbaru. Jurnal Valuta. Volume 4, No.1.

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Laila, Eky J., dan Sudarwanto T. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani di Butik QTA Ponogoro. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Volume 6, No.1.

Mulia, Hari dan Amalia, Diana I. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Sri Daya Center Garut. Jurnal Stie Yasa Anggana. Volume 12, No 2.

Robustin, Tri P., dan Fauziah, A. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Warda pada Masyarakat di Kota Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Jember.

Soraya, Nadhifah C.T dan Marlena, Novi. 2020. Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Bakso Boedjangan di Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. Volume 5, Nomor 3.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta

Suryani, T., Mulyati A. dan Maduwinati A. 2018. Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Laptop Lenovo di Kalangan Mahasiswa Surabaya di Kota Surabaya. Surabaya.

Tricahyani, Adinda P. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Samsung. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 7, Nomor 6.

Willy, Loisa R., dan Aulia S. 2021. Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian La Madame Florist. Plorogia. Volume 5, No.1.

Diterbitkan

2024-07-23

Terbitan

Bagian

Articles