Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Diskon Terhadap Pembelian Impulsif pada Pengguna Marketplace Shopee Mahasiswa Prodi Manajemen Undiksha

Penulis

  • Ketut Ria Artini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

daya tarik iklan, diskon, pembelian impulsif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari daya tarik iklan dan diskon terhadap pembelian impulsif, baik secara simultan maupun parsial. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Manajemen semester 7 Undiksha yang pernah melakukan transaksi pada Shopee selama 1 tahun terakhir. Jumlah sampel yang digunakan adalah 80 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, dimana pengolahan datanya dengan bantuan program Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 20.0 for windows. Hasil dari penelitian ini adalah: daya tarik iklan dan diskon berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif dan diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif.

Referensi

Akhmetshin et al., Jacob et al, Nashir, Tripathi. 2018. Pengaruh Daya Tarik dan Keuatan Iklan terhadap Minat Pembelian. E-Jurnal Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia, Volume 18 Nomor 2 Agustus 2021 Hal. 209 - 218 e-ISSN : 2621-4377 & p-ISSN : 1829-8524.

Anggraeni, Yarahmadi. 2016. “Pengaruh promosi, diskon, merek, store atmosphere dan shopping emotion terhadap pembelian impulsif di kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta. (Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta).

Apriadi. 2017. E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2. Lubuklinggau: STMIK Bina Nusantara Jaya.

Ariani, Sugianto. 2016. Pengaruh Promosi Penjualan, Daya Tarik Iklan dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan/Volume 3/N0.5/September-2019:07-12

Carunia. 2020. The Effects of Sales Promotion, Attractiveness of Internet Advertising, and Website Quality on Impulse Buying of Consumers of Tokopedia in Indonesia. International Journal of Management and Enterprise Development, Vol. 20, No. 1, ISSN: 1741-8127.

Dewi, Wahyuningdyah. 2019. “Analisis Pengaruh Potongan Harga, Paket Bonus, Pajangan Dalam Toko Dan Suasana Toko Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Hybrid Di Kota Semarang.” Jemap 2(1): 47.

Dyah, Sucidha. 2019. The Effect of Price Discount and Store Atmosphere Against Pembelian impulsif with Shopping Emotion as an Intervening Variable in Consumers of Super Indo Retail Semarang. Jurnal International Conference on Business, Economics and Governance (ICBEG) - ISBN 978-602-14119-3-3.

Fabian. 2017. Pengaruh Daya Tarik Iklan Online terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Generasi Milenial. Prodi Manajemen. http://repository.bakrie.ac.id/1188/

Indra. 2018. Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Studi pada Pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Department of Management FEB UMM. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 11 No. 1 (2021): April, ISNN: 2655-2533.

Kotler dan Keller. 2016. Pengaruh Diskon, Promosi, Dan Brand Image terhadap Loyalitas Pembelian Produk pada Online Shop (Studi Kasus Konsumen Online Shop Shopee Di Kelurahan Kebon Bawang Jakarta Utara). (Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Lestari. (2016). Analisis Efek Promosi dan Discount Terhadap Pembelian impulsif (Studi Kasus Konsumen Mall Kediri Town Square). Jurnal Nusamba,Vol 1, No 2, 27–37.

Maulana, Margaret, Shellyana, Ariani, Sugianto. 2016. ‘The Effects of Sales Promotion, Attractiveness of Internet Advertising, and Website Quality on Impulse Buying of Consumers of Tokopedia in Indonesia”. International Journal of Management and Enterprise Development, Vol. 20, No. 1, ISSN: 1741-8127.

Maulana, Margaret, Shellyana, Ariani, Sugianto. 2016. ‘The Effects of Sales Promotion, Attractiveness of Internet Advertising, and Website Quality on Impulse Buying of Consumers of Tokopedia in Indonesia”. International Journal of Management and Enterprise Development, Vol. 20, No. 1, ISSN: 1741-8127.

Miftahul. (2021). “Pengaruh promosi, diskon, merek, store atmosphere dan shopping emotion terhadap pembelian impulsif di kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta. (Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta).

Rizka. 2016. Pengaruh Daya Tarik Iklan Online Shop terhadap Pembelian Impulsif (Impulsive Buying) pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. (Skripsi Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri.

Rommy, dkk. 2020. The Effects Of Mobile Marketing, Discount, And Lifestyle On Consumers’ Impulse Buying Behavior In Online Marketplace. International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 9, Issue 03, March 2020 Issn 2277-8616.

Setyasih. 2017. “Analisis Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan In- Store Display Terhadap Keputusan Impluse Buying Behavior Konsumen (Studi Kasus pada Swalayan Kembang Mas Grabag Di Kota Magelang)” Prodi Manajemen Upy. Http://Repository.Upy.Ac.Id/1301/.

Sudarsono. 2017. “The Effect Of Price Discount And Store Atmosphere Against Impulse Buying With Shopping Emotion As An Intervening Variable In Consumers Of Super Indo Retail Semarang”. Jurnal International Conference on Business, Economics and Governance (ICBEG) - ISBN 978-602-14119-3-3.

Sufa et al. 2016. Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kesadaran Merek terhadap Sikap Pada Merek. (diakses pada tanggal 25 September 2021) http://repo.darmajaya.ac.id/233/4/BAB%20II.pdf

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta, CV.

Syafira. 2019. Pengaruh Daya Tarik Iklan Shopee terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Mahasiswi Fakultas Psikologi USU. (Skripsi Ujian Sarjana Psikologi. Fakultas Fsikologi, USU).

Syafitri, I. (2019). “Pengertian Online Shop, Manfaat Beserta Kelebihan Dan Kekurangan Online Shop”. Tersedia pada https://www.nesabamedia.com/pengertian-online (diakses pada 30 September 2020).

Umboh, Yakub, dkk. 2018. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Behaviour Konsumen Wanita Di Mtc Manado”. Jurnal Emba 6(3): 1638–47.

Zulki. 2020. The Effect of Price Discount and In-store Display on Impulse Buying. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. Vol. 22, No. 2, July 2020: 133 – 139, ISSN 1411 - 0903 : eISSN: 2443-2660.

Diterbitkan

2024-08-03

Terbitan

Bagian

Articles