Pengaruh E-WoM dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Davina di Desa Sumberkima

Penulis

  • Luh Szizuka Listria Naomi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kepuasaan Pelanggan, word of mouth, kualitas pelayanan

Abstrak

Tujuan peneliti menyelenggarakan penelitiannya ialah guna melakukan pengujian yang bersifat secara simultan maupun bersifat secara parsial terkait kontribusi pengaruh dari aspek E-WOM dan aspek kualitas pelayanan terhadap aspek kepuasan pelanggan yang terjadi pada Salon Davina di Desa Sumberkima. Peneliti mengimplementasikan rancangan secara kuantitatif kausal dengan didukung oleh sampel dengan banyaknya 100 responden dan mengimplementasikan teknik non-probability sampling ialah purposive sampling. Dalam mengumpulkan data peneliti mengimplementasikan metode kuesioner yang selanjutnya akan ditelaah dengan metode regresi linier berganda. Sehingga terdapat perolehan hasil dari penelitian ini, ialah (1) E-WOM memunculkan pengaruh secara positif dan secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (2) kualitas pelayanan memunculkan pengaruh secara positif dan secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (3) E-WOM dan kualitas pelayanan memunculkan pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan kontribusi pengaruh sebesar 68,8%. Sementara sebesar 31,2% merupakan hasil sisanya yang kontribusi pengaruhnya berasal dari aspek variabel lain.

Referensi

Azhar, M., Sutiono, H. T., & Wisnalmawati, W. (2021, November). The Effect of Digital Marketing And Electronic Word Of Mouth On Purchase Decisions And Customer Satisfaction. In Seminar Nasional Informatika (Semnasif) (Vol. 1, N. Yogyakarta: Caps.

Ghozali, Imam. (2006). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gofur, A. (2019). “Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan”. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1),

Itasari, A. a., & dkk. (2020, Desember). Pengaruh Word of Mouth, Electronic Word of Mouth. ETTISAL: Journal of Communication, vol.5 No.2.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga

Lavenia, B. C., Iqbal, M., & Irawan, A. (2018). Pengaruh Technology Acceptance Model (Tam) Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Go-Jek Di Kota Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3), 52–61.

Nofiyah, J. N. (2019). Pengaruh harga, kualitas pelayanan Islami dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada D’Mutia Salon dan SPA muslimah Semarang (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Noor, Fathira Virdha. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Herba Penawar Alwahida Indonesia”. Skripsi. Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Bengkulu.

Prabowo, B. (2008). Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada PT. Astra Surabaya. Jurnal ilmu-ilmu sosial, 8(2), 92-97.

Santoso, Singgih.. 2001. SPSS Versi 11,5 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santika, I. W., Pramudana, K. A., & Astitiani, N. L. (2020). The Role of E-Satisfaction in Mediating the Effect of E-Service Quality and E-WOM on E-loyalty on Online Marketplace Customers in Denpasar, Bali, Indonesia. Manag Econ Res J, 6(1), 11907.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Tresiya, Dhita, Djunaidi dan Heri Subagyo. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kenyamanaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Jasa Ojek Online Go-Jek Di Kota Kediri”. JIMEK – Volume 1 Nomor 2.

Yuanti, P. L. K. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Perceived Risk, dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situs Shopeee (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Diterbitkan

2024-07-21

Terbitan

Bagian

Articles