Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Merek AQUA (Studi pada PT. Indah Permai Depo Singaraja)

Penulis

  • Ni Made Aryawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Endrawan Sumadi Putra Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

citra perusahaan, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan

Abstrak

Penelitian ini menguji pengaruh parsial dan simultan kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan air minum dalam kemasan merek AQUA di PT. Indah Permai Depo Singaraja. Penelitian ini berjenis kuantitatif kausal. Subjek penelitian ialah pelanggan air minum dalam kemasan merek AQUA di PT. Indah Permai Depo Singaraja dan objek penelitian ialah kualitas pelayanan, citra perusahaan, dan kepuasan pelanggan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan air minum dalam kemasan merek AQUA di PT. Indah Permai Depo Singaraja.

Referensi

Andreassen, W. 1997. “Customer Loyalty and Complex Service: The Impact Of Corporate Image: on Quality, Customer Satisfaction and Loyalty For Customers With Varying Degress Of Service Expertise”. Journal Of Service Industry, Volume 8, Nomor 4.

Arifitama. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Mang Engking di Surakarta”. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Volume 9, Nomor 1.

Boone, L. E. Dan D. L. Kurtz. 2010. Pengantar Bisnis Kontemporer. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2006. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hendrison dan Husda. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Asuransi Reliance Indonesia”. Jurnal Magisma, Volume 8, Nomor 1, (hlm 34-42).

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas Jilid 2. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Kurnia, Dadang. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk”. Sentifict Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management, dan Business. Volume 1, Nomor 1, (hlm 21-30).

Mahmud et all. 2013.”The Effect of Service Quality and Price on Satisfaction and Loyalty of Customer of Commercial Flight Service Industry”. Word Applied Sciences Journal. Volume 23, Nomer 3, (hlm 354-359).

Maimunah, Siti. 2019. “Pengaruh Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen”. IqtishadEquity Jurnal Manajemen. Volume 1, Nomor 2, (hlm 57-68).

Maramis, Freekley, Steyfli dkk. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Air Manado”. Jurnal EMBA Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol 6, Nomor 3. ISSN 2303-1174.

Ndruru, Tuberta dan Martua Sitorus. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi dan Citra Koperasi terhadap Kepuasan Nasabah Pada Koperasi Serba Usaha Mitra Karya Lubuk Pakam”. Journal of Management Science (JMAS). Volume 1, Nomor 4, (hlm 111-114).

Pontoh, dkk. 2014. “Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, dan Kepercayaan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Cabang Manado.” Jurnal EMBA, Volume 2, Nomor 3, (hlm 285-297).

PT. Indah Permai Depo Singaraja, 2021.

Rajagukguk, Resti Julia, dan Kasmiruddin. (2015). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasa Pelanggan Industri Jasa Bengkel (kasus PT. Mewah Kencana Motor Pekanbaru)”. JOM FISIP, Volume 2, Nomor 2, (hlm 1-13).

Rizalfalal, Muhammad, dkk. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Bank BRI Kcp Unit Lawang). E-Jurnal Riset Manajemen, Volume 9, Nomor 9, (hlm 1-15).

SA, Mimi dan Khairina Natsir. 2018. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Apartemen Mediterania Garden Residence di Jakarta Barat”. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Volume 2, Nomor 1, (hlm 164-173).

Setiawan, Heri dan A. Jalaluddin Sayuti. 2017. “Effects of Service Quality, Customer Trust and Corporate Image on Customer Satisfaction and Loyalty: An Assement of Travel Agencies Customer in South Sumatra Indonesia”. Journal of Business and Management. Volume 19, Nomor 5, (hlm 31-40).

Sudarso, Andriasan. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta: Deepublish. Sugiyono, Prof, Dr. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Prof, Dr. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, Sarwiji. 2012. Penelitian Tindakan (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi.

Wijanarko, Alvian, dan Devi Krisnawati. 2020. “Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Anggota Kospin Jasa”. Jurnal Ekonomi dan Industri, Volume 21, Nomor 2, (hlm 30-41).

Zaka, Amar Rizki dan Sutopo. 2017. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada LBB Antologi Semarang”. Diponegoro Journal Of Management, Volume 6, Nomor 3 (hlm 1-13).

Diterbitkan

2024-07-21

Terbitan

Bagian

Articles