Pengaruh Citra Merk dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Pasta Gigi Ciptadent di Kota Singaraja
Kata Kunci:
brand image, customer satisfaction, customer loyaltyAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujiandampak citra merk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada pasta gigi Ciptadent di Kota Singaraja. Rancangan studi yangd iterapkan ialah studi kuantitatif kausal. Sampel diambil melalui teknik purposive sampling. Keseluruhan sampel yang mengikuti studi ini ialah 80 responden. Instrumen studi untuk mengambil data ialah kuesioner, pencatatan dokumen dan teknik analisis data yang diterapkan ialah analisis regresi linier berganda. Hasil studi yakni (1) citra merk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada pasta gigi Ciptadent di Kota Singaraja. (2) Citra merk tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada pasta gigi Ciptadent di Kota Singaraja. (3) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas pelanggan pada pasta gigi Ciptadent di Kota Singaraja.
Referensi
Darma., dkk. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(1), 1-8.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Firanazulah., dkk. 2021. Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen. Akuntabel, 18(1), 1-9.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi. Kedua belas. Jakarta: PT. Indeks.
Leninkumar, Vithya. 2017. The Relationship between Customer Satisfaction and Customer Trust on Customer Loyalty. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(4), 450-465.
Lovelock, Christoper & Lauren K Wright.2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Indonesia: PT. Indeks.
Ogba, Ike-Elechi., dan Tan Zhenzhen. 2019. Exploring the Impact of Brand Image on Customer Loyalty and Commitment in China. Journal of Technology Management in China, 4(2), 132-144.
Rosihan, Shelmy Maulidiyah. Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengunjung Ubud Hotel & Cottages Malang).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Widyaswati, Rahmatya. 2010. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Sehingga Tercipta Word Of Mouth yang Positif Pada Pelanggan Speedy Di Semarang. Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.